Hurricane, Cyclone, Typhoon: Sama atau Beda?

By | March 6, 2016

Sobat pembaca, sebelumnya sudah dibahas tiga istilah terkait dengan badai, yakni storm, tornado, dan twister. Kali ini kita akan bahas tiga istilah lain yang juga terkait dengan gangguan atmosfir ekstrim: hurrican, cyclone, dan typhoon.

Sebagaimana sobat ketahui dari bahasan sebelumnya bahwa storm adalah istilah paling umum yang bisa digunakan untuk menggambarkan gangguan ekstrim yang terjadi di atmosfir. Dua istilah yang disebut sebelumnya, yakni tornado dan twister sebenarnya adalah jenis storm, yang berbentuk angin berputar atau angin puting beliung.

Tiga kata yang dibahas kali ini sebenarnya juga jenis storm. Hanya saja, jenis storm ini tidak berbentuk angin puting beliung. Hurricane, cyclone dan typhoon adalah storm berbentuk angin kencang dengan kecepatan 120 km/jam atau lebih, yang dalam bahasa Indonesia sering disebut angin topan. Ketiga kata ini sebenarnya mengacu pada jenis storm yang sama. Satu-satunya perbedaan hanyalah lokasi terjadinya.

Hurricane adalah istilah yang digunakan untuk angin ribut yang terjadi di wilayah Atlantik dan Pasifik Timur Laut. Di wilayah Pasifik Barat Laut disebut typhoon, dan di wilayah Pasifik Selatan dan Samudera Hinda disebut cyclone. 

Sebagai kesimpulan, storm atau badai adalah istilah umum untuk segala bentuk gangguan cuaca akstrim di atmosfir. Storm bisa berbentuk angin puting beliung, yang sering disebut tornado atau twister, dan angin topan, yang sering disebut dengan tiga istilah berbeda: hurricane, typhoon, dan cyclone tergantung lokasi terjadinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *