House of Cards: What Does This Phrase Mean?

By | March 9, 2020

Enam belas (16) lagu pernah ditulis dengan judul house of cards. Salah satunya adalah lagu Elton John yang dirilis tahun 1975. Pada tahun 2007 Radiohead, grup rock asal Inggris juga merilis lagu dengan judul yang sama. Tahun 2015, grup rock asal Jerman Scorpions pun merilis lagu dengan judul sama. Lagu ini bisa ditemukan dalam album studio “Return to Forever“.  Bahkan grup musik Korea terkenal BTS punya lagu dengan judul house of cards. Apa sebenarnya arti frasa ini?

Kamus online  Collins Dictionary menyebutkan, sesuatu – rencana, organisasi, sistem, misalnya – disebut sebagai house of cards ketika sesuatu itu kemungkinan besar akan gagal atau runtuh. Kamus online Merriam Webster juga memberikan definisi yang kurang lebih sama. Menurut kamus ini frasa house of cards merujuk pada struktur, situasi, atau institusi yang rapuh, goyah, atau selalu dalam situasi bahaya.

Kita bisa membayangkan bahwa frasa ini sering digunakan untuk menyebut sesuatu yang rapuh dan mudah rontok, tidak solid, tidak ada kekuatan di dalamnya. Radiohead menggunakan frasa ini untuk berkisah tentang kehidupan perkawinan yang tanpa cinta, hambar dan rapuh.  Scorpions menggunakan frasa ini juga untuk bercerita tentang relasi yang rapuh karena dibangun di atas kebohongan, meskipun si laki-laki menyatakan diri sebagai orang yang tangguh dan mampu bertahan. BTS dari Korea memakai frasa nomina ini dalam lagunya untuk menceritakan karir idola K-Pop yang sangat rapuh di dunia musik, dan sewaktu-waktu bisa jatuh.

Frasa ini berasal dari jenis permainan kuno menyusun kartu menjadi struktur berbentuk piramid, yang dulu sering dilakukan orang, meskipun sekarangpun banyak kompetisi menyusun kartu masih sering diselenggarakan. Rekor struktur piramid dari kartu yang pernah dibuat mencapai 25 kaki atau sekitar 7,62 meter tingginya.

Menurut catatan etimologi, frasa ini berasal dari tahun 1645. Ungkapan yang sudah sangat tua usianya, setua permainan menyusun kartu itu sendiri. Dan makna frasa ini berasal dari makna literalnya. Bayangkan sebuah struktur  piramid dari kartu yang berdiri tanpa bantuan apapun, dan hanya mengandalkan keseimbangan belaka. Struktur semacam ini pasti mudah roboh. Itulah gambaran dari makna house of cards. Coba perhatikan contoh-contoh kalimat di bawah ini:

  • His plan is nothing but a house of cards. – Rencananya hanyalah sebuah rumah kartu (tidak solid, pasti gagal)
  • The empire collapses like a house of cards. – Kerajaan itu roboh seperti rumah kartu.
  • Their marriage is a house of cards. – Perkawinan mereka seperti sebuah rumah kartu (dalam bahaya kehancuran)
Author: Admin

Hi, I am Widi. I am an English teacher, blogger, translator, workshop facilitator, writing addict, and photography enthusiast, living in Yogyakarta. I teach, I write, therefore I am.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *