Hophead: Kata Lama Dengan Arti Baru

By | June 9, 2019

Kata hophead dengan makna baru secara resmi masuk ke dalam kamus Merriam-Webster sejak tahun 2018 lalu. Kata ini sendiri sebenarnya bukan kata yang benar-benar baru. Sudah dikenal dan digunakan sejak tahun 1911 (kamus online Merriam Webster Dictionary menyebutkan tahun 1895), kata ini pada awalnya adalah kata slang yang berarti pecandu obat terlarang, terutama jenis opium. Kata ini, menurut kamus online Urban Dictionary sudah punah dan tidak lagi digunakan dengan makna aslinya.

Tetapi, sebenarnya pada awalnya kata ini tidak hanya merujuk pada pengguna narkotika saja, tetapi juga zat atau bahan lain yang merusak pikiran atau mampu mengubah suasana hati. Nah, sekarang kata yang sama ini tidak lagi berarti pengguna atau pecandu narkotika. Kamus Merriam-Webster mendefinisikan kata ini sebagai “Beer enthusiast” – penggemar bir.

Makna baru ini bisa ditelusuri dari kata hops, nama bunga dari spesies tanaman Humulus Lupulus yang banyak ditemukan di Eropa, Amerika Utara, dan Asia Barat. Bunga ini banyak dibudidayakan karena manfaatnya yang besar dalam proses pembuatan atau peracikan bir. Bunga hops memberi cita rasa pahit sedikit pedas pada bir, untuk mengimbangi rasa manis malt yang berasal dari biji gandum jenis barley.

Hops tidak hanya memberi cita rasa dan karakter terhadap bir, tetapi juga berperan penting dalam meningkatkan kandungan alkohol dalam bir, dan menurunkan kandungan bakteri yang bisa merusak bir. Sementara kata head secara harafiah berarti kepala. Tetapi, kata ini juga sering dipakai untuk membentuk apa yang dalam bahasa Inggris sering disebut compound noun atau kata benda majemuk (yakni kata majemuk terbentuk dari dua kata benda dengan makna berbeda yang kemudian bergabung dan membentuk kata baru dengan makna yang sama sekali berbeda dengan makna asli masing-masing kata).

Kata head dalam hal ini sering merujuk pada person atau orang dengan karakter atau sifat tertentu. Beberapa contoh kata majemuk dengan head, misalnya, adalah dickhead (kata kasar dan vulgar untuk menyebut orang yang dianggap brengsek dan menyebalkan), pothead (pengguna mariyuana), asshead (kata kasar dan vulgar untuk menyebut orang tolol), hardhead (orang yang keras kepala). Nah dari contoh-contoh ini, sobat bisa memahami mengapa hophead kemudian diartikan sebagai penggemar bir.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *