Hit the John

By | February 3, 2019

Dalam film “The Glory Road” – sebuah film tentang tim basket dari sekolah kecil tak dikenal, yang menimbulkan kontroversi karena sang pelatih merekrut banyak pemain kulit hitam (sesuatu yang tabu dan tidak biasa di Amerika Serikat sekitar tahun 1960 an) – salah satu pemain basket, yang saat itu berada di sebuah restoran bersama teman-teman satu timnya, mengatakan,”I’m going to go hit the John“, kepada salah satu temannya dan berpesan agar dia dipesankan makanan yang sama dengan yang lain. Dan setelah mengatakan itu, ia pergi ke kamar mandi/toilet.

Dari adegan itu kita bisa menduga-duga apa arti ungkapan ‘hit the John‘, yakni menggunakan kamar mandi/toilet. Dan memang benar demikian. Menurut kamus online Urban Dictionary, ungkapan tersebut berarti ‘going to go use the bathroom‘. Kamus online Collins Dictionary juga menegaskan bahwa kata john adalah kata slang yang berarti toilet.

Kata ‘john’ untuk menggantikan ‘toilet’ hanya berlaku dalam American English. Penutur asli British English tidak mengenal istilah ini, meskipun mereka juga punya banyak kata atau frasa untuk menghaluskan pembicaraan terkait toilet. Dan entah bagaimana ‘john’ sering dipakai untuk dipakai untuk merujuk pada makna-makna tertentu, sering kali untuk penghalusan makna, misalnya, John Thomas (penis), John Tuck (jeruk keprok), John Trot (anak dusun). Maka, tidak mengherankan jika kata John juga digunakan untuk merujuk pada toilet.

Pertanyaannya, bagaimana ‘john’ kemudian digunakan sebagai bentuk eufimisme dari toilet di Amerika? Ada sejarahnya. Menurut www.worldwidewords.org, kata ‘john’ dengan makna toilet hanya digunakan dan berlaku di lingkungan terbatas, yakni di lingkungan kebiasaan Harvard College sekitar tahun 1734 atau 1735. Dalam salah satu aturan tertulis yang ditulis oleh Richard Waldron angkatan 1738 berbunyi,”No freshman shall mingo against the College wall or go into the fellows’ cuz john” – Mahasiswa baru dilarang buang air di dinding universitas atau masuk ke toilet teman. Lambat laun, ungkapan ini populer dan digunakan oleh publik, dan sekarang hanya tinggal kata ‘john’ saja.

Frasa cuz john adalah kependekan dari Cousin John. Sobat pasti masih bertanya-tanya, bagaimana cuz john dipakai sebagai bentuk eufimisme toilet? Nah, lama sebelum tradisi Harvard itu berkembang, ada seorang bangsawan Inggris bernama Sir John Harrington (1560 – 1612) yang dianggap sebagai penemu toilet flush pada era Ratu Elizabeth I, meskipun faktanya, sebelum dia, jenis toilet ini sudah ditemukan oleh orang lain. Tetapi, entah bagaimana, publik lebih mengenal Sir John Harrington. Begitulah cerita asal mula kata john kemudian digunakan dalam ungkapan hit the John.

 

 

Author: Admin

Hi, I am Widi. I am an English teacher, blogger, translator, workshop facilitator, writing addict, and photography enthusiast, living in Yogyakarta. I teach, I write, therefore I am.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *