Hit, Strike, Beat, Punch: Apa sih Bedanya?

By | August 29, 2016

Sobat pembaca, semua kata kerja (verba) yang sedang kita bahas kali ini, yakni hit, strike, beat, dan punch semuanya bisa diartikan memukul. Dari semua kata kerja ini, kata hit adalah yang paling umum dan luas dibanding tiga kata lainnya.

HIT

Kata ini bisa berarti memukul, membentur(kan), menghantam, menabrak. Bentuk present, past, dan past participle dari verba ini sama, tidak ada perubahan. Sobat bisa memukul wajah seseorang dengan tangan atau dengan sebuah alat tertentu. Sobat bisa juga memukul sesuatu dengan alat tertentu. Atau sebuah mobil menabrak pohon atau obyek lain, atau sesuatu jatuh dan menghantam tanah, dan seterusnya. INTINYA, kata kerja ini mengisyaratkan makna bahwa sesuatu menyentuh sesuatu yang lain dengan kuat dan penuh tenaga, baik sengaja atau tidak sengaja.

Kata ini mempunyai makna paling luas dan umum dibandingkan kata-kata lainnya dalam kelompok makna ini. Karena itu, kata ini dalam banyak konteks bisa mengantikan kata-kata lainnya kecuali beat,  tetapi tidak sebaliknya. Coba sobat perhatikan contoh-contoh kalimat ini:

  • The man hit the pickpocket in the face with a hard wooden stick. – Laki-laki itu memukul wajah pencopet itu dengan tongkat kayu yang keras.
  • She lost control of her car and it hit the tree. – Dia kehilangan kendali atas mobilnya dan mobil itu menabrak pohon.
  • A tree fell and hit the ground. – Sebuah pohon jatuh dan menghantam tanah.
  • He hit his head against the wall. – Ia membenturkan kepalanya ke dinding.

STRIKE

Kata ini termasuk kata kerja tak beraturan (irregular verb), dengan bentuk past dan past participlenya struck. Salah satu arti kata ini sama dengan kata hit di atas, dan oleh karena itu bisa menggantikan kata hit dalam semua kalimat di atas. Hanya saja, kata ini mengisyaratkan kekuatan tenaga yang lebih besar dari hit, sehingga seandainya pukulan itu menimbulkan kerusakan, kerusakannya lebih parah. Selain itu, kata ini juga mempunyai nuansa lebih formal.

BEAT

Kata ini tentu juga mempunyai makna lain selain memukul, yakni mengalahkan. Dalam kaitannya dengan makna memukul, kata ini seringkali didefinisikan sebagai memukul berkali-kali atau berulang-ulang, entah menggunakan tangan atau alat tertentu. Dalam bahasa Indonesia bisa diartikan memukuli. Maka, sobat bisa saja menggunakan kata beat dalam contoh kalimat yang pertama di atas, tentu dengan makna berbeda. Kata ini tidak bisa diartikan menghantam atau menabrak atau menumbuk seperti halnya hit dan strike.

  • The man beat the pickpocket in the face with a hard wooden stick. – Laki-laki itu memukuli (memukul berkali-kali) wajah pencopet itu dengan tongkat kayu yang keras.
  • Frustrated, he beat his head against the wall. – Karena frustasi, ia membenturkan kepalanya ke dinding.

 PUNCH

Kata ini juga berarti memukul, tetapi lebih spesifik maknanya ketimbang hit atau strike. Kata ini berarti memukul dengan tangan terkepal. Dalam bahasa Indonesia lebih tepat diartikan menonjok atau meninju. Kata ini bisa digunakan dengan obyek orang maupun benda.

  • He punched the banana tree several times. – Ia meninju pohon pisang itu beberapa kali.
  • He punched me in the face. – Ia menonjok wajahku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *