Historic vs Historical

By | December 23, 2015

Sobat pembaca, kali ini saya akan mengulas dua kata yang sangat mirip, mempunyai akar kata yang sama, tetapi berbeda makna: historic dan historical. Dua kata tersebut adalah bentuk kata sifat (adjective) dari kata history. Jadi jelas, dua kata tersebut terkait erat dengan kata history, yang berarti sejarah.

HISTORIC

Kata ini lebih tepat diartikan sebagai bersejarah, yang mengisyaratkan bahwa sesuatu, apapun itu, sangat penting dan berpengaruh dalam sejarah. Penting atau tidaknya tentu tidak bisa bersifat subyektif sekehendak pengguna, tetapi sesuatu yang memang diperhitungkan dan dianggap penting oleh dunia.

Perhatikan contoh-contoh kalimat berikut ini:

  • The 1955 Asian African Conference or the Bandung Conference is a historic event. – Konferensi Asia Afrika tahun 1955  adalah sebuah peristiwa bersejarah (dalam arti peristiwa sangat penting dalam sejarah).
  • Moses was the first historic individuality who can be said to have welded the Israelite clans into a whole. – Musa adalah seorang tokoh pertama (penting dan sangat berpengaruh) dalam sejarah yang bisa disebut telah menyatukan suku-suku Israel.

Dalam dua kalimat tersebut, kata ini digunakan untuk menegaskan betapa pentingnya peristiwa atau tokoh yang disebutkan dalam kalimat itu. Dalam hal ini, kata historical – jika digunakan – kurang tepat karena akan mengurangi makna kata dimaksud.

HISTORICAL

Kata historical digunakan jika sobat ingin mengatakan bahwa sesuatu terkait dengan, ada dalam, atau terjadi dalam sejarah masa lalu, lepas apakah sesuatu itu penting atau tidak. Tentu sangat berbeda maknanya dengan kata historic, yang menekankan bahwa sesuatu itu sangat penting. Semua yang bersifat historic pastilah historical, artinya ada dalam sejarah. Tetapi, yang historical belum tentu historic. Artinya, misalnya sebagai tokoh yang historic (penting dan berpengaruh dalam sejarah) Musa juga tentu saja historical (ada dalam sejarah dalam arti benar-benar ada, bukan tokoh rekaan).

Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini:

  • The pawn shop sells a lot of historical stuff. – Rumah gadai itu menjual banyak benda-benda sejarah (berasal dari masa lalu, dan tidak terlalu penting).
  • A few hostorical buildings in the old city had been converted into apartments and malls. – Beberapa bangunan historis (dalam pengertian tidak terlalu penting) di kota lama telah diubah menjadi apartemen dan mall.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *