Hide vs Conceal: Apa Bedanya?

By | April 19, 2016

Kedua kata ini sinonim. Hide bisa berarti menyembunyikan (transitive) atau bersembunyi (intransitive), sementara conceal hanya bisa berarti menyembunyikan (transitive). Tetapi, masing-masing kata mempunyai pengertian sedikit berbeda. Mari kita bahas satu per satu.

Sebagai kata kerja transitive, masing-masing kata mengandung konotasi makna yang berbeda. Kalau sobat menggunakan kata hide, itu artinya sobat menyembunyikan seseorang atau sesuatu dengan tujuan melindungi seseorang atau sesuatu itu, atau melindungi diri sendiri, BUKAN supaya orang lain tidak melihat atau mengetahui.

  • I hid the ancient coins under the rock, so that no one could ever steal them. – Saya menyembunyikan mata uang kuno itu di bawah batu, supaya tak seorangpun mencurinya.
  • Mom hid me in the underground chamber so that the robber could not hurt me. – Ibu menyembunyikan saya di ruang bawah tanah supaya perampok tidak dapat menyakiti saya.

Berbeda dengan hide, kata conceal hanya bisa digunakan dengan obyek bukan orang. Sobat akan menggunakan kata ini jika sobat menyembunyikan sesuatu supaya sesuatu itu tidak terlihat dan tidak diketahui orang lain. Jadi, sebenarnya sobat sedang merahasiakan sesuatu jika sobat menggunakan kata ini, dan bukan untuk melindungi apapun.

  • I am in love with that girl, but I decided to conceal my feelings for her. – Saya jatuh cinta pada gadis itu, tetapi saya memutuskan untuk menyembunyikan perasaan saya terhadapnya.
  • Don’t conceal anything from me. I want to know how things are. – Jangan sembunyikan apapun dari saya. Saya ingin tahu bagaimana kabar (kondisi/situasi) segala sesuatunya.

Tetapi, kata hide juga bisa digunakan dalm konteks kalimat di atas.Kesimpulannya, silakan sobat menggunakan hide atau conceal jika sobat menyembunyikan SESUATU dengan tujuan supaya orang lain tidak tahu atau tidak melihat. Silakan sobat menggunakan hide jika sobat menyembunyikan seseorang atau sesuatu dengan tujuan melindunginya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *