Help, Assist, atau Aid?

By | November 11, 2015

Help, assist, dan aid adalah kata kerja yang dalam Bahasa Indonesia berarti ‘membantu’. Lalu, perbedaannya apa? Apakah ketiga kata itu benar-benar berbeda atau bisa saling menggantikan? Dalam banyak hal help dan assist memang bisa saling menggantikan, meskipun nuansa kedua kata itu berbeda. Bagaimana dengan aid. Mari kita tengok satu per satu.

Help

Kata ini adalah kata yang paling umum digunakan untuk mengungkapkan makna ‘membantu’ dalam konteks apappun. Kata ini juga terasa lebih akrab dan lebih hangat, oleh karenanya banyak penutur asli menganjurkan penggunaan kata ini dalam banyak situasi. Bahkan sementara orang merasakan kata ini lebih ‘tulus’. Help terdengar tidak formal, dan lazim dipakai baik secara lisan maupun tertulis. Help berarti membantu dalam konteks memudahkan pekerjaan orang lain (yang dibantu). Berikut adalah beberapa contoh penggunaan kata help.

  • Could you help me, please? – Apakah Anda bisa membantu saya?
  • Parents often help their children with homework. – Orang tua sering membantu anak-anak (mereka) mengerjakan PR.
  • Her best friend Any said she would help her to find a job. – Teman baiknya, Any, mengatakan akan membantunya mencari pekerjaan.

Assist

Kata ini terdengar lebih formal, dan biasanya digunakan ketika yang membantu mempunyai posisi subordinate terhadap yang dibantu, misalnya seorang sekretaris terhadap bos atau CEO perusahaan. Karena terdengar formal, kata ini lebih sering dijumpai dalam dokumen-dokumen dan surat-surat resmi, maupun situasi-situasi resmi lainnya.  Kata ini juga menyiratkan makna memberikan bantuan dengan mengerjakan hal-hal yang lebih mudah atau kurang penting.

Meskipun kata assist secara gramatikal bisa menggantikan help, orang lebih suka menggunakan help  dengan alasan kelaziman. Alasan ini bisa diterima karena bahasa juga menyangkut soal rasa. Bagaimana dengan contoh-contoh kalimat di atas? Apakah help bisa digantikan oleh assist? Secara teoritis bisa, hanya saja terasa aneh dan kaku, mengingat kalimat-kalimat di atas sering akan lebih banyak dijumpai dalam situasi tidak formal.

Kiranya terdengar asing, meskipun mungkin, jika ada orang mengatakan,”Could you assist me, please?” Bagaimana dengan “Her best friend Any said she would assist her in finding a job”? Terdengar kaku dan asing bukan?

Aid

Sebagai kata kerja, kata ini nyaris tidak pernah digunakan. Kata aid lebih banyak digunakan sebagai kata benda dan biasanya dijumpai dalam frase seperti humanitarian aid (bantuan kemanusiaan), financial aid (bantuan keuangan), legal aid (bantuan hukum), dan lain-lain.

Kesimpulannya, help dan assist bisa dipertukarkan satu sama lain, meskipun help lebih lazim digunakan daripada assist dalam percakapan maupun dalam konteks yang lebih luas. Assist lebih banyak dipakai dalam situasi resmi, dan oleh karenanya terasa tidak cocok dalam percakapan sehari-hari. Aid lebih banyak digunakan sebagai kata benda, bukan sebagai kata kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *