Heap, Pile, dan Stack: Sama apa Beda?

By | April 2, 2016

Kata heap, pile, dan stack bisa diartikan tumpukan dalam bahasa Indonesia. Jadi, kalau sobat menggunakan yang manapun dari ketiga kata itu, sobat bermaksud mengatakan bahwa sejumlah benda, misalnya lembaran kertas, buku, batu-bata, pakaian, sampah, salju, dan lain-lain, diletakkan sangat dekat satu sama lain, saling bersentuhan, dan sering kali satu di atas yang lain.

Heap dan pile barangkali relatif bisa dengan mudah dipertukarkan, meskipun ada nuansa makna yang tetap harus diperhatikan. Stack mempunyai pengertian berbeda dari dua kata yang lain. Masing-masing bisa dibedakan berdasarkan ukuran tumpukan dan  tingkat kerapiannya.

HEAP/PILE

Heap dan pile mengacu pada tumpukan barang/benda yang tidak teratur, tidak rapi. Kedua kata ini barangkali bisa dengan mudah dipertukarkan dalam cukup banyak konteks: heap/pile of sand, heap/pile of snow, heap/pile of bricks, heap/pile of books, heap/pile of garbage, heap/pile of dirt, heap/pile of firewood. Meskipun demikian, sobat mesti memahami bahwa masing-masing kata mempunyai nuansa makna sedikit berbeda.

Heap biasanya berukuran besar, setidaknya lebih besar dari pile,  mengingat kata ini menurut kamus online http://www.thefreedictionary.com/heap berarti a large quantity/number. Kita bisa mengatakan pile of garbage untuk sejumlah kecil sampah di sudut halaman. Tetapi, untuk sampah yang menggunung di tempat pembuangan akhir, heap of garbage lebih tepat digunakan.

Untuk kata benda tertentu, misalnya pakaian, kata pile biasanya digunakan untuk tumpukan yang lebih rapi, misalnya pakaian yang dilipat (meskipun belum diseterika habis dijemur), sementara heap benar-benar berupa tumpukan pakaian yang ditumpuk begitu saja tanpa dilipat. Penutur asli akan cenderung menyebut tumpukan pakaian kotor sebagai heap of laundry.

Tetapi, hanya kata heap yang bisa digunakan dengan kata benda (noun) abstrak: heap of problems, heap of trouble, heap of homework.

Memang dalam praktik keseharian ada sedikit tumpang tindih. Semua yang bisa disebut pile (umumnya kecil atau sedikit) juga bisa disebut heap, tetapi apapun yang bisa disebut heap (artinya tumpukan besar atau banyak) tidak lazim disebut pile.

Jadi sekali lagi, secara umum, heap dan pile bisa dipertukarkan, kecuali untuk tumpukan besar yang lazim disebut heap tidak bisa diganti dengan pile.

STACK

Kata stack digunakan jika benda/barang yang ditumpuk itu tersusun rapi dan secara jelas kelihatan lapisan-lapisannya. Misalnya, stack of papers, stack of bricks, stack of books, stack of firewood, stack of clothes. Sobat tidak bisa menggunakan kata ini dengan benda-benda yang memang secara teknis sulit atau tidak mungkin ditumpuk dengan rapi. Kerikil atau pasir, misalnya, tidak bisa digunakan dengan stack. Penutur asli tidak akan mengatakan stack of sand (X).

Tetapi, jika sobat hanya sekedar ingin mengatakan tumpukan kertas, dengan mengabaikan kerapian atau keteraturannya, sobat bisa menyebutnya heap/pile of papers, meskipun tentu itu tidak akurat. Jadi, apapun yang bisa disebut stack, bisa disebut heap/pile meskipun tidak akurat. Tetapi, apapun yang hanya bisa disebut heap/pile TIDAK BISA disebut stack.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *