Head, Chief: Sama atau Beda?

By | April 16, 2016

Baik head maupun chief berfungsi sebagai kata benda (noun) atau kata sifat (adjective). Sebenarnya tidak ada aturan baku bagaimana kata-kata ini digunakan. Dan seringkali pilihan didasarkan pada kesepakatan. Satu lembaga bisa saja menggunakan head, lembaga lain menggunakan chief.

Tetapi, sebenarnya ada pengertian berbeda yang terkandung dalam masing-masing kata. Head mempunyai pengertian kepala atau ketua yang fungsi utamanya mengatur atau mengorganisasi orang tanpa ada struktur kepangkatan atau subordinasi seperti di militer, misalnya. Jadi, fungsi utamanya adalah mengatur atau mengelola orang yang ada dalam tanggungjawabnya.

Head of family atau kepala keluarga, misalnya. Penutur asli tidak menggunakan kata chief dalam frasa ini. Ada juga istilah head of financial department atau kepala bagian keuangan. Kata ini juga ditemukan dalam beberapa frasa lain, seperti head of batallion/a ship/senior school/research group. Juga dalam frase head monk,  village head,  dan lain-lain, meskipun kadang-kadang kita juga menjumpai frasa village chief.

Kata chief juga berarti kepala atau ketua, tetapi kata ini mengisyaratkan adanya subordinasi. Jadi, Kata ini sering digunakan jika sobat berbicara tentang kepala yang mempunyai otoritas terhadap orang-orang dalam subordinasinya. Dan orang-orang yang berada di bawahnya tunduk pada otoritas yang dipegang oleh sang kepala atau ketua.

Dalam lembaga dengan struktur kepangkatan militer, misalnya, kata ini lazim dipakai. Chief of the Los Angeles Police Department, misalnya, adalah kepala kepolisian kota Los Angeles. Beberapa frase berikut juga lazim digunakan: tribal chief, Chief of Defence, Chief of the General Staff, dan lain-lain.

Tetapi, dalam praktik keseharian kata ini ternyata juga digunakan untuk mengacu pada seseorang yang menduduki jabatan kepala meskipun fungsi utamanya juga mengatur dan mengelola, bukan fungsi subordinasi: chief of store, chief of operation di sebuah perusahaan.

Selain itu, kata ini lebih umum digunakan sebagai kata sifat (adjective) yang berarti utama, dan diletakkan sebelum kata benda yang dijelaskan: chief scientist, chief cook, engineer, chief marketing officer, dan lain-lain.

Melihat contoh-contoh penggunaan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa penggunaan head atau chief lebih ditentukan kebiasaan dan juga kesepakatan orang-orang yang menggunakan dua kata itu. Khusus di lembaga dengan struktur kepangkatan militer kata chief lah yang lebih lazim digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *