Hand vs Arm

By | December 5, 2015

Sobat pembaca, kali ini kita akan bahas dua kata yang mempunyai kedekatan makna, yakni hand dan arm. Meskipun kedua kata tersebut jelas berbeda, barangkali ada di antara sobat pembaca yang masih bertanya-tanya, apa sebenarnya perbedaan di antara kedua kata benda tersebut. Mari kita bahas satu per satu.

HAND

Kata ini termasuk dalam kategori nomina, dan biasa diartikan sebagai tangan dalam bahasa Indonesia. Kata ini merujuk pada bagian dari lengan yang mempunyai jari, yang secara langsung berbatasan dengan pergelangan tangan. Hanya bagian itulah yang disebut dengan kata ini. Maka, dalam bahasa Inggris ‘berjabat tangan’ diungkapkan dengan frase shake hand ‘BUKAN shake arm (x) .. hehehehe … Karena ya memang hanya bagian lengan yang berjari itulah yang mampu melakukannya. Berikut adalah beberapa contoh kalimat menggunakan kata ini:

  • I held the flower in my hand and gave it to her. – Saya menggenggam bunga itu dan memberikannya kepadanya.
  • She waved her hand while calling out my name. – Dia melambaikan tangannya sambil memanggil-manggil nama saya.

ARM

Kata ini juga termasuk dalam kategori nomina, dan sebenarnya memang bisa berarti macam-macam, tetapi dalam konteks pembicaraan kita kali ini, kata arm dibandingkan dengan hand – dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai lengan. Kata ini merujuk pada bagian tubuh mulai pangkal lengan hingga ke ujung jari. Jadi, hand adalah bagian dari arm. Coba bandingkan kalimat ini:

  • I wanna hold your hand. – Kuingin menggenggam tanganmu. Sobat bisa membayangkan kejadiannya. Yang digenggam adalah bagian yang berjari saja, langsung berbatasan dengan pergelangan tangan.
  • I wanna hold you in my arms. – Kuingin memelukmu. Sobat pembaca bisa membayangkan kejadiannya. Aktivitas memeluk tentu saja melibatkan lengan (arm), bukan tangan (hand).

Semoga penjelasan ini bermanfaat untuk sobat pembaca.

One thought on “Hand vs Arm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *