Guarantee vs Warranty

By | March 8, 2016

Guarantee dan warranty, dua kata yang kerap diartikan garansi. Masing-masing kata bisa berfungsi sebagai kata kerja (verb) dan kata benda (noun). Tetapi, kita akan batasi pembahasan kita pada dua kata tersebut sebagai kata benda.

Entah bagaimana, dalam praktik keseharian, kedua kata ini dipakai dalam konteks garansi sebuah produk yang dinyatakan secara tertulis dalam kartu garansi, misalnya. Garansi ini menjamin bahwa sebuah produk tertentu memenuhi standar kualitas, dan akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Dan jika produk tersebut tidak berfungsi atau bekerja sebagaimana mestinya, karena cacat, misalnya, pembeli berhak atas perbaikan, penggantian suku cadang, atau penggantian produk secara gratis, atau bahkan pengembalian uang. Garansi dalam konteks ini berlaku dalam rentang waktu tertentu dengan syarat dan ketentuan.

Dalam konteks garansi produk seperti dijelaskan di atas, kata guarantee sering digunakan dalam British English, sementara warranty lebih lazim dipakai dalam American English.

Tetapi, hanya kata guarantee yang digunakan dalam frase ‘money back guarantee‘, misalnya.

Dalam konteks lain, hanya salah satu yang digunakan. Kata guarantee, BUKAN warranty, digunakan dalam konteks umum. Misalnya, ketika sobat pembaca naik bus umum, sang sopir tidak bisa memberi jaminan bahwa sobat akan sampai di tempat tujuan tepat waktu.

  • If you take a bus, there is no guarantee that you will get there on time. Jika kamu naik bus, tak ada jaminan bahwa kamu akan sampai di sana tepat waktu. Dalam konteks umum semacam ini, sobat tidak bisa menggunakan kata warranty.

Warranty, BUKAN guarantee, digunakan dalam konteks asuransi sebuah produk, biasanya produk otomotif. Pembeli biasanya akan ditawari untuk membeli asuransi atas produk otomotif tersebut.

Jika sobat membeli warranty ini, sobat berhak akan perbaikan gratis atas kerusakan karena benturan atau tabrakan, atau penggantian suku cadang gratis, atau bahkan penggantian mobil jika mobil sobat dicuri.

Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *