Gray or Grey? Mana Yang Benar?

By | January 28, 2018

Sobat pembaca, kali ini kita akan bahas satu kata dengan dua ejaan berbeda: gray dan grey. Kata gray/grey biasa digunakan untuk menyebut abu-abu. Jadi, ini bukan soal arti, tetapi soal ejaan. Lalu, ejaan mana yang benar? Gray  dengan “a” atau grey dengan “e”? Jawabannya sederhana. Dua-duanya benar, tergantung versi bahasa Inggris yang mana, American atau British.

Kata gray/grey bisa berfungsi sebagai nomina, dan biasanya merujuk pada warna abu-abu. Kata ini juga bisa berfungsi sebagai ajektiva untuk mendeskripsikan sesuatu yang mempunyai warna keabu-abuan. Kata ini juga berfungsi sebagai verba yang biasanya digunakan untuk mendeskripsikan ketika sesuatu berubah abu-abu.

Kata gray dengan “a” seperti ini adalah khas American English, sementara grey dengan “e” adalah ejaan khas British English. Kedua ejaan diucapkan dengan cara yang sama persis. Nah, oleh karena itu, sobat silakan pilih ejaan yang mana saja yang sesuai dengan situasi. Ketika sobat mengirim email kepada seorang teman di Amerika Serikat, tentu ejaan yang paling pas adalah gray. Demikian juga ketika sobat mengirim email kepada teman yang tinggal di Inggris, sobat semestinya memilih grey.

Nah, tentu sobat bertanya-tanya. Mengapa ejaan bisa berbeda meskipun berasal dari kata yang sama yakni grǽg, sebuah kata dari Old English. Bahasa berevolusi, dan mengalami perubahan, termasuk kata-kata yang dipakai. Dan akhirnya kesepakatanlah yang menentukan. Pada abad kedua puluh, kata grey menjadi ejaan yang disepakati dan diterima di manapun kecuali di Amerika Serikat.

Meskipun gray dan grey sama-sama benar dari sisi ejaan, ada kondisi tertentu ketika sobat tidak bisa memilih dan menyesuaikan dengan konteks. Kata greyhound, yang merujuk pada jenis anjing, tidak bisa lalu diubah ejaannya menjadi grayhound (X) meskipun sobat sedang berkomunikasi dengan orang Amerika. Demikian juga ketika Grey digunakan sebagai nama keluarga, sobat tidak boleh mengubahnya menjadi Gray.

Sobat sudah terbiasa menggunakan kata ini sebagai nomina maupun ajektiva. Berikut adalah contoh kalimat dengan kata ini sebagai verba.

  • His hair started to gray/grey soon after he turned 45. – Rambutnya mulai menjadi abu-abu (maksudnya beruban) segera setelah ia memasuki usia 45.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Warning: Illegal string offset 'subject' in /home/englishf/public_html/wp-content/plugins/spamlord/spamlord.php on line 86