Government vs Governance: Mirip Tapi Tak Sama

By | June 10, 2017

Sobat pembaca setia englishforsma.com, dua nomina ini, government dan governance, mempunyai kedekatan makna, dan berasal dari akar kata yang sama: govern – memerintah. Kedua kata tersebut sama-sama merujuk pada ‘process of governing’ – proses memerintah. Meskipun demikian, keduanya digunakan dalam konteks yang berbeda. Mari kita bahas satu per satu.

GOVERNMENT

Kata ini, menurut Cambridge Dictionary, bisa mempunyai dua arti: 1) the group of people who officially control a country; definisi ini merujuk pada pemerintah sebagai lembaga yang secara resmi mengatur dan mengendalikan negara, yang dalam bahasa Indonesia disebut pemerintah, dan 2) the activities involved in controlling a country, city, group of people, etc.; definisi ini merujuk pada kegiatan memerintah, atau dalam bahasa Indonesia bisa diartikan pemerintahan.

Jadi, kata ini bisa berarti pemerintah sebagai lembaga eksekutif, atau pemerintahan, yang merujuk pada kegiatan atau proses memerintah. Berdasarkan definisi yang diberikan kamus tersebut, kata ini lebih lazim digunakan dalam konteks pemerintahan negara, provinsi, kabupaten, atau kota madya. Kalimat-kalimat berikut menggunakan kata ini dalam pengertian pemerintah sebagai lembaga eksekutif:

  • She is a movie star, not a government employee. – Ia seorang bintang film, bukan pegawai pemerintah.
  • They accuse the government of mistreating the refugees. – Mereka menuduh pemerintah tidak memperlakukan para pengungsi sebagaimana mestinya.

Berikut ini adalah kalimat-kalimat yang menggunakan kata ini dalam pengertian pemerintahan, kegiatan atau proses memerintah:

  • Indonesia is a country with a strong presidential system of government. – Indonesia adalah negara dengan sistem pemerintahan presidensial yang kuat.
  • The party elected to power has years of experience of government. – Partai terpilih memiliki bertahun-tahun pengalaman pemerintahan.

GOVERNANCE

Menurut kamus online Cambridge Dictionary, kata ini berarti “the way that organizations or countries are managed at the highest level, and the systems for doing this” – cara bagaimana organisasi atau negara dikelola di level tertinggi, dan sistem untuk melakukan hal ini. Jadi, kata ini mempunyai makna yang sama dengan pengertian kedua dari kata government, yakni pemerintahan.

Bedanya adalah, kata ini digunakan dalam konteks yang lebih luas, termasuk organisasi atau institusi. Oleh karena itu kata ini BISA MENGGANTIKAN kata government dalam 2 contoh kalimat terakhir di atas, meskipun kata government lebih lazim.

  • Indonesia is a country with a strong presidential system of governance. – Indonesia adalah negara dengan sistem pemerintahan presidensial yang kuat.
  • The party elected to power has years of experience of governance. – Partai terpilih memiliki bertahun-tahun pengalaman pemerintahan.

Sementara dalam kalimat-kalimat berikut ini – yang berbicara tentang pengelolaan atau tata kelola organisasi/institusi non pemerintah- hanya kata governance yang bisa digunakan. Kadang-kadang kata ini diartikan gubernasi.

  • Effective governance is integral to the success of a nonprofit organization. – Tata kelola yang efektif adalah bagian tak terpisahkan dari keberhasilan sebuah organisasi nirlaba.
  • The governance structure of the university is laid down in a series of specific regulations. – Struktur gubernasi universitas itu diatur dalam serangkaian regulasi yang spesifik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *