Go Viral and Infect Like Viruses

By | November 11, 2015

Akhir-akhir ini ada kosa kata baru bahasa Inggris yang muncul akibat perkembangan teknologi, terutama yang terkait media sosial dan Internet: go viral. Kosa kata baru ini digunakan untuk menggambarkan popularitas konten tertentu, entah foto, video, status, tulisan, atau bentuk lain di media sosial. Dalam hal ini, kata viral digolongkan sebagai kata sifat (adjective).

Ketika foto, video, atau konten lain diunggah di Internet dan kemudian mampu menggerakkan begitu banyak orang, dan masing-masing orang ini lalu men ‘share’ atau membagikan konten tersebut melalui media sosial sehingga foto atau video itu menjadi begitu populer dalam waktu sekejap, kita bisa mengatakan foto atau video itu go viral.

Lalu viral itu artinya apa? Viral berasal dari kata ‘virus’. Seperti virus, konten tertentu bisa menyebar begitu cepat dan ‘menjangkiti’ setiap orang yang aktif di medis sosial untuk ikut membagikan konten itu, dan akhirnya ‘boom’. Ledakan dahsyat terjadi. Konten tersebut tak terbendung lagi popularitasnya.

Kata viral kemudian digunakan bersama-sama dengan kata go, dan jadilah go viral, yang kurang lebih berarti menyebar dalam sekejap melalui Internet atau media lain. Maka, ungkapan ini hanya bisa digunakan untuk menjelaskan popularitas konten tertentu yang terjadi secara cepat, bukan konten yang mungkin juga sama populernya, tetapi memakan waktu berbulan-bulan untuk sampai ke puncak tangga popularitas.

Tetapi kata viral sebagai kata sifat tentu bisa juga dipakai selayaknya kata sifat yang menjelaskan kata benda. Misalnya, viral activity, atau viral content, viral video, dan lain sebagainya. Berikut adalah contoh-contoh kalimat menggunakan go viral.

  • The photos of the celebrity couple have gone viral. – Foto-foto pasangan seleb itu menjadi sangat populer dalam sekejap.
  • Do you want your website to go viral? – Apakah Anda ingin website Anda menjadi populer dalam sekejap?

Begitu sobat pembaca, tulisan sekelumit tentang arti go viral. Semoga bermanfaat.

Author: Admin

Hi, I am Widi. I am an English teacher, blogger, translator, workshop facilitator, writing addict, and photography enthusiast, living in Yogyakarta. I teach, I write, therefore I am.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *