Glad, Pleased, Happy: Apa Bedanya?

By | June 4, 2016

Ketiga kata tersebut termasuk dalam kategori kata sifat (adjective), dan menurut kamus ketiganya sinonim. Tetapi, hanya happy yang lazim digunakan sebelum kata benda (noun) yang diterangkan. Dalam situasi tertentu, ketiga kata tersebut bisa saling menggantikan, dan dalam situasi lain tidak.

GLAD/PLEASED

Kedua kata ini tidak lazim digunakan sebelum kata benda (noun). Jadi tidak pernah ada frase a glad/pleased man (X), misalnya. Kata-kata ini sering diartikan senang atau gembira dalam bahasa Indonesia, dan digunakan ketika sobat ingin menunjukkan rasa senang atau gembira karena alasan tertentu pada situasi tertentu.

Alasan mengapa rasa senang atau gembira itu muncul menjadi penting. Sobat tidak bisa menggunakan kata ini tanpa ada alasan yang menyertai. Jadi, sobat tidak bisa begitu saja mengatakan,”I’m glad.” Pasti ada alasan yang menyertai kalimat itu. Coba perhatikan kalimat berikut:

  • I’m glad you came here. – Saya senang kamu datang.
  • She was glad to meet him. – Dia senang bertemu dengannya.
  • I’m glad about your promotion. – Saya senang dengan kenaikan pangkatmu.

Jadi kata-kata ini TIDAK bisa digunakan untuk menggambarkan rasa senang atau gembira sebagai kondisi pikiran atau hati yang berlangsung dalam jangka waktu lama. Bagaimana dengan happy?

HAPPY

Kata ini sering diartikan senang, gembira, atau bahagia. Sama seperti kedua kata sebelumnya, kata happy bisa digunakan untuk menunjukkan rasa senang atau gembira pada saat tertentu saja. Jadi, untuk ketiga kalimat contoh di atas, sobat bisa menggunakan happy:

  • I’m happy you came here. – Saya senang kamu datang kemari.
  • She was happy to see him. – Dia senang bertemu dengannya.
  • I’m happy about your promotion. – Saya senang dengan kenaikan pangkatmu.

Tetapi, sobat hanya bisa menggunakan happy untuk menggambarkan kondisi pikiran atau hati yang tetap atau setidaknya berlangsung lama. Dan inilah perbedaan mendasar antara happy dan kedua kata sebelumnya. Untuk makna ini, biasanya kata ini digunakan sebelum kata benda: a happy life, a happy marriage, a happy childhood, dan lain-lain.

Selain itu, hanya kata ini yang bisa digunakan untuk memberikan ucapan selamat: happy birthday, happy season, happy easter, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *