Get in/out vs Get on/off: Apa Bedanya?

By | January 18, 2022

Sobat pembaca, frasa verba yang akan kita bahas dalam tulisan sederhana ini digunakan untuk menggambarkan situasi ketika sobat naik atau turun dari suatu bentuk alat transportasi. Frasa verba yang dipakai untuk mengatakan naik kendaraan bisa get in atau get on. Untuk mengatakan turun dari kendaraan kita bisa menggunakan get out atau get off. Apa ya bedanya?

GET IN & GET OUT

Get in berarti masuk atau naik kendaraan dan get out berarti keluar atau turun dari kendaraan. Sobat silakan gunakan kedua frasa tersebut hanya ketika sobat naik atau turun kendaraan berukuran lebih kecil dan mempunyai ruang. Yang dimaksud kendaraan berukuran kecil dan mempunyai ruang adalah mobil (sedan, SUV), taksi, van (mobil berbentuk seperti kotak), truk (bagian pengemudi).

Barangkali, sobat bisa menggunakan petunjuk ini. Kalau sobat bisa masuk ke dalam ruang kendaraan, tetapi tidak bisa berdiri (hanya bisa duduk), gunakan get in dan get out.

  • I got in my boss’s car, spoke for a few minutes, and then got out. – Saya masuk mobil bos saya, berbicara beberapa menit, dan kemudian keluar.
  • Laura parked her SUV in the parking lot after all the passangers got out. –  Laura memarkir SUVnya di tempat parkir setelah semua penumpangnya turun.

GET ON & GET OFF

Silakan sobat menggunakan frasa-frasa tersebut untuk menggambarkan situasi ketika sobat naik atau turun dari kendaraan berukuran besar dan mempunyai ruang (bus, kereta api, pesawat, kapal besar)- dan sobat bisa berdiri di dalamnya – atau ketika sobat naik atau turun kendaraan yang tidak mempunyai ruang (sepeda, sepeda motor, bagian belakang truk, kapal).

  • I quickly got on my bike and rode it around the neighborhood. – Saya dengan cepat naik ke atas sepeda saya dan mengendarainya.
  • She decided to get off the bus and get on another one. – Dia memutuskan untuk turun dari bus itu dan naik bus lain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five + thirteen =