Garment vs Clothes: Sama atau Beda?

By | January 11, 2016

Sobat pembaca setia, kali ini kita akan membahas dua kata yang sering membingungkan, garment dan clothes. Apa sih bedanya? Kata garment adalah kata benda tunggal (singular). Bentuk jamaknya adalah garments. Sebalinya, kata clothes adalah bentuk plural, dan tidak mempunyai bentuk singular. Tulisan sederhana ini dimaksud untuk menjelaskan perbedaan dalam hal penggunaan kedua kata ini.

Sebenarnya dua kata tersebut itu sinonim. Keduanya berarti pakaian yang kita pakai untuk menutup tubuh. Hanya saja, kata garment sudah tidak lagi digunakan dalam konteks percakapan sehari-hari kalau orang ingin menyebut pakaian. Dalam konteks sehari-hari yang cenderung informal, kata clothes lah yang digunakan.

Sementara, kata garment hanya digunakan dalam konteks yang sangat terbatas, misalnya dalam dunia industri, dan dalam konteks-konteks formal lainnya.  Bahasa formal sering digunakan dalam tulisan. Coba perhatikan bagaimana kata ini digunakan dalam kalimat-kalimat berikut ini:

  • Yunita has a job fitting garments for actors in a local theater production. – Yunita mempunyai pekerjaan mengepaskan pakaian untuk para aktor di teater setempat. Dalam kalimat ini, kata garment bisa digunakan karena ada nuansa industri, dan ada nuansa formal dalam kalimat ini.
  • The Pharaohs of ancient Egypt wore garments made of fabric featuring threads of pure gold. – Para Firaun Mesir kuno mengenakan pakaian yang terbuat dari kain dengan benang dari emas murni. Kata garment bisa digunakan di sini, karena ada nuansa formal di dalamnya.

Sekarang coba bandingkan dengan kalimat-kalimat berikut, yang bernuansa informal/sehari-hari. Dalam kalimat berikut, kata clothes lebih sesuai.  Kata garment akan terasa janggal jika digunakan.

  • We are leaving very early tomorrow. We should pack our clothes now. – Kita berangkat pagi-pagi besok. Kita mestinya mengemasi pakaian kita sekarang.
  • My sister wants to buy new clothes for her birthday party, which is next week. – Adik perempuanku ingin membeli pakaian baru untuk pesta ulang tahunnya, yang akan diadakan minggu depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *