Perbedaan Funny dan Hilarious

By | March 16, 2016

Sobat pembaca, kali ini kita akan membahas dua kata yang nyaris sama artinya: funny dan hilarious. Dua kata ini sama-sama berfungsi sebagai kata sifat (adjective). Jika dua kata ini nyaris sama artinya, apakah itu berarti tidak ada perbedaan antara dua kata ini? Tentu saja ada. Tulisan ini dimaksudkan untuk menjelaskan persamaan dan perbedaan itu.

Kedua kata sifat ini sering diartikan lucu dalam bahasa Indonesia, dan bisa digunakan untuk menggambarkan situasi, seseorang, kejadian, atau yang menghibur dan menimbulkan tawa.

Satu hal yang membedakan keduanya adalah tingkat kelucuannya. Jika satu adegan dalam sebuah film berhasil membuat sobat tertawa, itu berarti adegan film itu funny. Tetapi, kalau adegan film itu berhasil membuat sobat tertawa terbahak-bahak terus menerus sembari memegangi perut dan  berguling-guling di lantai, adegan film itu hilarious.

Dari penjelasan di atas, sobat bisa menyimpulkan bahwa kata funny berarti lucu, dan hilarious berarti sangat lucu. Karena perbedaan antara kedua kata itu hanya soal tingkat kelucuan, maka tentu ada unsur subyektif. Sesuatu atau seseorang yang funny bagi satu orang, bisa jadi hilarious bagi orang lain. Begitu juga sebaliknya. Maka, pilihan antara funny dan hilarious tergantung pada sobat sendiri sebagai pengguna bahasa.

  • He is funny. Everytime he tells a joke, everyone laughs.
  • He is hillarious. Everytime he tells a joke, no one can’t stop laughing.

Perbedaan berikutnya adalah ini. Kata funny bisa mempunyai makna lain. Ketika sobat merasa ada yang janggal, aneh, atau mencurigakan, sobat bisa menggunakan kata ini.

  • That’s funny. The TV set was still here five minutes ago, and now it’s gone.

Makna funny dalam kalimat di atas, tentu berbeda. Dalam konteks ini, funny tidak berarti lucu yang menimbulkan gelak tawa, tetapi lucu dalam arti aneh. Tentu, hilarious tidak bisa digunakan dalam konteks seperti ini.

  • That’s hilarious. The TV set was still here five minutes ago, and now it’s gone (X).

Catatan lain yang perlu sobat ketahui adalah bahwa kata hillarious TIDAK pernah digunakan untuk mendeskripsikan orang. Kalau sobat mempunyai seorang teman yang lucu atau sangat lucu, sobat hanya bisa menggunakan kata funny.

  • Budi, one of my classmates, is so funny. – Budi, salah satu teman sekelasku sangat lucu. Budi is so hillarious (X).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *