Friend vs Mate: Apa Sih Bedanya?

By | December 21, 2018

Sobat pembaca, kali ini kita akan bahas dua nomina yang bagi pembelajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing pasti membingungkan: friend dan mate. Keduanya sebenarnya mempunyai makna yang sama, dan dalam bahasa Indonesia sering diartikan teman. Meskipun begitu, masing-masing tidak digunakan dengan cara yang sama, tergantung konteksnya. Keduanya digunakan dalam British English dan American English, tetapi dengan cara yang berbeda.

FRIEND

Menurut kamus online Collins Dictionary, kata ini berarti “someone you know well and like, but who is not related to you” – seseorang yang kamu kenal dengan baik dan sukai, tetapi tidak memiliki hubungan kekerabatan denganmu. Dalam bahasa Indonesia disebut teman atau kawan. Kata ini digunakan dalam versi bahasa Inggris apapun (British, American, Canadian, dll), dan merupakan kata yang sangat umum dan paling aman digunakan jika sobat tidak tahu dengan pasti bagaimana menggunakan kata satunya.

Perlu dicatat bahwa kata ini TIDAK pernah digunakan sebagai bentuk sapaan, kecuali sobat menambahkan kata ‘my‘. Penutur asli tidak pernah akan mengatakan,”Hey, friend.” Ungkapan itu terdengar sangat janggal dan aneh. Penutur asli kemungkinan besar akan mengatakan,”Hey/Hello, my friend,” meskipun penutur asli American English akan lebih suka mengatakan,”Hi, there” atau “Hey, man” untuk menyampaikan pesan yang sama.

Nah, penutur asli akan menggunakan kata ini ketika mereka menyebut/membicarakan/merujuk seorang teman saat berbicara dengan orang lain. Maksudnya begini. Bayangkan sobat sedang berbicara dengan seseorang (sebut saja X), dan ketika sobat membicarakan seseorang yang Anda kenal dengan X, sobat akan menyebut yang sedang Anda bicarakan ini friend. Misalnya, sobat menceritakan salah seorang teman kepada seseorang,”My friend, George is a good husband.” Atau ketika sobat memperkenalkan teman Anda kepada seseorang,”I would like you to meet my friend, George.” Berikut adalah beberapa contoh penggunaan kata friend.

  • Everybody needs a friend to rely on. – Setiap orang membutuhkan teman yang bisa diandalkan.
  • Goodbye to you my trusted friend (cuplikan lirik lagu Seasons in the Sun). – selamat tinggal temanku yang aku percayai.
  • We are all friends here, aren’t we? – Kita di sini semua teman, bukan?

MATE

Kata ini termasuk kata slang (dan oleh karena itu bernuansa informal) dan khas British English dan terutama Australian English. Kata ini mempunyai pengertian yang sama dengan kata friend dalam American English. Sobat akan sering mendengar ungkapan,”Have a great time out with your mates,” di Inggris dan Australia, tetapi TIDAK di Amerika.

Bedanya adalah, kata ini biasa juga digunakan sebagai bentuk sapaan, yang lazimnya dipakai ketika sobat mendekati seseorang di jalan, untuk bertanya sesuatu. Di Australia, misalnya, sobat akan sering mendengar,”G’day, mate!” (maksudnya Good day, mate), ketika seseorang bertemu dengan seorang teman atau bahkan seseorang yang tidak dikenal (biasanya dilakukan oleh pria). Ya sekedar untuk sapaan akrab saja. Karena sifatnya yang kasual, kata ini digunakan dalam situasi-situasi sosial yang informal. Misalnya, ketika sobat masuk ke kedai kopi, dan meminta secangkir kopi, sobat bisa mengatakan,”Hey, mate, one coffee please.

Dalam American English, kata ini tidak pernah digunakan dalam pengertian teman, tetapi lebih berkonotasi romantic partner. Maksudnya, suami, istri, pacar itu termasuk mate. Tetapi kata mate sendiri jarang atau malah tidak pernah dipakai, kecuali dalam bentuk compound word  (kata yang terdiri dari dua kata yang digabung menjadi satu kata baru) berikut:roommate (teman sekamar), classmate (teman sekelas), schoolmate (teman satu sekolah), tablemate (teman makan semeja), collegemate (teman kuliah), churchmate (teman ke gereja), teammate (teman satu tim/kelompok), playmate (teman bermain waktu kecil), cellmate (teman satu sel penjara), dan lain-lain. Berikut adalah beberapa contoh penggunaan kata ini:

  • Hey, mate, how are you going? – Halo, bung, apa kabar? (How are you going? adalah ungkapan yang sangat Australia untuk menanyakan kabar)
  • We are all mates here. – Kita semua teman di sini.
  • Hey, mate, one coffee please. – Halo bung. satu kopi yak.

Semoga membantu

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *