Friend vs Buddy vs Pal vs Dude: Apa Bedanya?

By | December 31, 2018

Sobat pembaca, topik yang kita angkat kali ini adalah empat nomina yang dalam bahasa Indonesia berarti teman atau kawan. Keempat kata tersebut adalah friend, buddy, pal dan dude. Kata friend dan mate sudah dibahas dalam artikel sebelumnya, dan sekarang kita akan membandingkan kata friend dengan buddy dan dude.

FRIEND

Kata ini sudah dibahas dalam artikel sebelumnya disandingkan dengan kata mate, kata slang khas British English dan Australian English. Silakan sobat membaca ulang penjelasan tentang friend dan mate di link ini. Intinya, kata friend adalah kata paling aman – dan lebih formal – yang bisa sobat gunakan untuk merujuk pada teman, yang didefinisikan sebagai seseorang yang sobat kenal dengan baik, tetapi tidak mempunyai ikatan kekerabatan dengan sobat.

BUDDY

Kata ini termasuk dalam kategori slang, dan oleh karena itu bernuansa sangat informal, dan lebih lazim digunakan dalam percakapan lisan ketimbang dalam tulisan. Kata ini ditemui dalam British English dan American English, dan orang Inggris menganggap kata ini sangat American.

Yang khas dari kata ini adalah, kata ini mengisyaratkan relasi kasual antar teman. Maksudnya, ketika sobat bercengkerama dengan teman yang disebut buddy ini – entah di kafe, mall, jalan-jalan – ada nuansa keakraban, santai, gembira. Pendeknya, sobat bersenang-senang dengan buddy sobat dalam suasana santai, gembira, akrab. Sobat pasti pernah mendengar istilah-istilah travel buddy, hangout buddy, childhood buddy, party buddy.

Maka, tidak heran jika kata ini  sering dipakai untuk merujuk pada teman akrab, dekat, dan sobat sukai. Jadi lebih spesifik maknanya daripada friend. Kata friend bermakna lebih umum, dan merujuk pada seseorang yang sobat kenal dengan baik, bisa akrab bisa juga tidak dengan sobat. Maksudnya, kalau sobat mengatakan,”This is my buddy, George,” itu mengisyaratkan Anda berdua teman akrab.

Lazimnya, kata ini dipakai di kalangan pria, meskipun sebenarnya kata ini sama sekali tidak mengisyaratkan jenis kelamin. Perempuan tidak lazim, meskipun mungkin, disebut buddy, Dalam kalimat “Joanne is not my girlfriend. We are good buddies.”, misalnya, kata buddies merujuk pada Joanne, seorang perempuan, sekaligus pada orang yang mengungkapkan kalimat tersebut, yang adalah seorang pria.

Berbeda dengan friend, kata ini juga sering digunakan sebagai bentuk sapaan kepada teman akrab maupun kepada orang tak dikenal. Penutur asli, misalnya, sering mengatakan,”Hey, buddy. What’s going on?

PAL

Kata ini juga termasuk dalam kategori slang, dan oleh karena itu bernuansa sangat informal dan kasual. Kata ini kurang lebih sama artinya dengan buddy, tetapi saat ini sudah jarang digunakan dan mulai ditinggalkan (meskipun mungkin saja beberapa penutur asli masih menggunakannya).

Nah, perbedaannya dengan buddy adalah, ketika digunakan sebagai bentuk sapaan, kata ini lebih lazim dipakai untuk mengungkapkan kejengkelan kepada orang tertentu. Misalnya, ketika sobat merasa terganggu dan jengkel dengan kahadiran seseorang (barangkali karena mengintimidasi sobat), sobat bisa mengatakan,”Look, Pal, I’m just doing my job here.. So, please, leave.” – Begini, teman, saya hanya mengerjakan pekerjaan saya. Jadi, silakan pergi

Sobat harus sangat hati-hati menggunakan kata ini, karena bagi telinga penutur asli kata ini bisa mengisyaratkan sarkasme, dan terdengar kasar. Kalau sobat tidak yakin, lebih baik tidak menggunakan kata ini.

DUDE

Sama dengan kata sebelumnya, kata ini bernuansa sangat informal dan kasual. Kata ini sebenarnya tidak sama dengan friend, dan tidak pernah diartikan seperti itu. Tetapi, kata ini sering digunakan sebagai bentuk sapaan. Kata ini semakna dengan kata man, yang juga digunakan untuk menyapa seseorang dalam American English. Oleh sebab itu, sobat bisa menyapa teman sobat dengan,”Hey, dude.” atau “Hey, man.”

Kata ini pernah sangat populer di era 80 an, dan sekarang mulai tergeser popularitasnya oleh kata man, yang mulai populer sebagai bentuk sapaan di era 90 an., meskipun tentu juga masih sering digunakan, terutama oleh remaja belasan tahun atau orang dewasa muda. Kata ini juga sering digunakan ketika seseorang marah atau jengkel dengan seorang teman, atau juga ketika mereka merasa sangat gembira. Jadi, tergantung situasinya. “Dude … You’re gonna be a dad” – teman, kamu akan segera menjadi ayah, tentu mengisyaratkan kegembiraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *