Forest, Jungle, Woods: Apa bedanya?

By | March 3, 2016

Ketiga kata tersebut berarti hutan dalam bahasa Indonesia. Forest dan jungle bisa dijadikan satu kelompok karena mempunyai persamaan, sementara woods sedikit berbeda. Perbedaan mendasar antara jungle/forest dan woods adalah ukuran dan tingkat kepadatan vegetasi yang tumbuh di dalamnya. Mari kita bahas satu per satu.

FOREST/JUNGLE

Menurut kamus online Cambridge Dictionary kata forest berarti area yang sangat luas yang tertutup atau ditumbuhi pohon dan tumbuhan. Jadi, dari segi ukuran, hutan ini sangat luas.

Kata forest adalah kata yang paling lazim dipakai untuk menyebut hutan. Bayangkan hutan Amazon di Amerika Selatan, atau hutan di Kalimantan, atau barangkali hutan di lereng gunung Merapi atau Lawu, atau gunung lainnya. Itulah forest.

Bagaimana dengan jungle? Menurut kamus yang sama, jungle adalah forest di daerah tropis dengan pohon-pohon yang rapat. Jadi, jungle sebenarnya juga forest. Hanya saja, tingkat kerapatan (density) pohon-pohon dan tumbuh-tumbuhan yang ada di dalamnya sangat tinggi, dan oleh karena itu, jungle sangat sulit bahkan tidak mungkin ditembus. Barangkali jungle bisa diartikan sebagai hutan belantara.

Sebaliknya kata forest lebih sering digunakan untuk menyebut hutan yang tingkat kerapatan pohon-pohon dan tumbuh-tumbuhannya tidak  setinggi jungle, sehingga bisa atau lebih mudah ditembus.

Kesimpulannya, semua jungle adalah forest, tetapi tidak semua forest bisa disebut jungle tergantung pada tingkat kepadatan (density) pohon dan tumbuhannya, dan apakah mudah ditembus atau tidak.

WOODS

Menurut kamus online Oxford Dictionary kata woods secara sederhana diartikan sebagai hutan kecil. Umumnya, woods mempunyai tingkat kerapatan pohon yang amat rendah sehingga orang bahkan mungkin kendaraan (meskipun tergantung juga pada kondisi tanah) bisa masuk dengan leluasa. Karena tingkat kerapatan rendah, sinar matahari pun dengan mudah masuk. Dibandingkan variasi jenis pohon yang tumbuh di hutan yang disebut forest, jenis pohon dan tumbuhan yang ada di woods  sangat terbatas. Sobat perhatikan bahwa kata ini selalu digunakan dalam bentuk jamaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *