Footwear, Shoes, Sneakers, Loafers

By | January 23, 2016

Sobat pembaca, kali ini saya ingin berbagi dengan sobat semua tentang beberapa kata yang terkait dengan alas kaki: footwear, shoes, sneakers, loafers/slip-ons, sandals, floaters, flip-flop. Kata-kata tersebut saya coba urutkan dari yang paling umum ke khusus. Topik ini akan dibahas dalam dua bagian.

Bagian pertama ini akan membahas empat kata pertama: footwear, shoes, sneakers, dan loafers. Bagian kedua -akan membahas sandals, floaters, dan flip-flops.

FOOTWEAR

Dari ketujuh kata yang disebutkan di atas, kata footwear mempunyai cakupan makna paling luas. Footwear berarti alas kaki. Tentunya, alas kaki mempunyai bentuk dan fungsi beragam, termasuk di dalamnya adalah shoes, sneakers, loafers/slip-ons, sandals, floaters, dan flip-flop. 

Footwear dibagi menjadi dua kategori besar: shoes dan sandals. Shoes adalah jenis alas kaki yang tertutup. Shoes menutup seluruh kaki sampai ke pergelangan kaki. Sementara itu, sandals adalah jenis alas kaki yang terbuka pada bagian tumit dan jari kaki. Masing-masing kategori besar ini masih dibagi lagi menjadi beberapa jenis lagi menurut bentuk dan fungsinya.

SHOES

Kata ini biasa digunakan dalam bentuk plural karena sepatu selalu sepasang kalau mau dipakai normal. Sobat pembaca sering mendengar frase a pair of shoes, sepasang sepatu. Bentuk tunggalnya (singular) adalah shoe.

Sebagaimana dijelaskan di atas, shoes atau sepatu adalah jenis footwear yang menutup seluruh bagian kaki sampai pergelangan kaki. Bahkan, satu jenis shoes yang bisa menutup hingga di atas mata kaki bahkan sampai ke betis. Shoes mengacu pada footwear tertutup yang bertali maupun tidak bertali.

SNEAKERS

Awalnya sneakers adalah istilah yang digunakan untuk menyebut sepatu tenis atau tennis shoes. Tetapi, sekarang ini, sneakers praktis digunakan sebagai istilah untuk menyebut jenis shoes yang dibuat untuk kegiatan atletik. Maka, sneakers sering juga disebut athletic shoes. Kata sneakers lazim digunakan oleh penutur asli American English. Dalam British English, jenis sepatu ini biasa disebut trainers atau plimsolls. 

Oleh karena itu, sneakers biasanya terasa ringan dikaki. Sole sepatunya biasa dibuat dari rubber atau karet, supaya terasa empuk dan ringan di kaki. Karena dibuat khusus untuk olah raga atau kegiatan fisik lain, bagian atas biasanya terbuat dari canvas, atau campuran antara canvas dan material sintetis. Sneakers bisa bertali atau tidak bertali. Yang tidak bertali biasa disebut slip-on sneakers. Berikut adalah contoh sneakers:

shoes-923146_640

footwear-641892_640

Gambar bawah adalah jenis slip-on sneakers yang tidak bertali.

LOAFERS

Loafers adalah sebutan khusus untuk shoes yang tidak bertali. Cara memakainya sama seperti slip-on sneakers dalam gambar di atas. Hanya saja, berbeda dengan slip-on sneakers, loafers tidak digunakan untuk kegiatan atletik atau olah raga. Berikut adalah contoh loafers:

pau2628_028_h_large

loafers

Author: Admin

Hi, I am Widi. I am an English teacher, blogger, translator, workshop facilitator, writing addict, and photography enthusiast, living in Yogyakarta. I teach, I write, therefore I am.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *