Food vs Meal vs Dish vs Diet vs Cuisine: Apa ya Bedanya?

By | January 13, 2017

Sobat pembaca, kali ini kita akan bahas empat kata dalam bahasa Inggris yang terkait erat dengan makanan, yakni food, mealdish, dan diet.  Keempatnya termasuk dalam kategori nomina atau kata benda, dan masing-masing mempunyai makna yang berbeda dan digunakan secara berbeda, dan tentu saja, tidak bisa dipertukarkan.

FOOD

Menurut kamus online Cambridge Dictionary, kata ini berarti ‘something that people and animal eat, or plants absorb to keep them alive’ – sesuatu yang dimakan manusia dan binatang, atau diserap tanaman, untuk menjaga mereka tetap hidup. Jadi, praktis apapun yang menjadi makanan manusia dan binatang, atau apapun yang diserap tumbuhan sebagai makanan demi menunjang hidup disebut food.

Jadi, kata ini mempunyai makna paling luas dibanding tiga kata lainnya. Sobat akan menggunakan kata ini kalau sobat ingin menyebut makanan dalam pengertian umum. Nasi goreng, bakmi, ketela goreng, sayur-sayuran, daun-daunan yang dimakan kambing, jerami atau rumput makanan sapi, itu semua makanan dalam pengertian ini. Intinya, semua yang kita makan, atau yang hewan makan dengan tujuan untuk menjaga tetap hidup itulah food. Perhatikan contoh-contoh kalimat berikut:

  • Canned food isn’t good for health as it contains preservatives. – Makanan kaleng tidak baik untuk kesehatan karena mengandung pengawet.
  • He quickly ate his food and then washed the dishes. – Ia dengan cepat menyantap makanannya dan kemudian mencuci piring-piring itu.
  • Timothy Grass is a good food for horses. – Rumput Timothy (alang-alang) adalah makanan yang baik untuk kuda.

MEAL

Kata ini juga merujuk pada makanan. Artinya, meal itu juga food dalam pengertian sempit. Kata ini secara khusus merujuk pada makanan yang disajikan dan disantap pada saat-saat tertentu sesuai kebutuhan makan manusia sebagaimana definisi kata ini menurut kamus online Dictionary.com, yakni ‘the food served and eaten especially at one of the customary, regular occasions for taking food during the day, as breakfast, lunch, or supper’. Dan karena kata ini mengandung pengertian khusus, sobat TIDAK bisa menggantikannya dengan kata food tanpa mengubah arti.

Lazimnya, saat-saat kebutuhan makan manusia adalah pagi, siang, dan malam. Nah, meal yang disantap pagi hari disebut breakfast, siang hari disebut lunch, malam hari disebut dinner. Coba perhatikan contoh-contoh kalimat berikut.

  • People across the world eat three meals a day. That’s the normal eating pattern. – Orang di seluruh dunia makan tiga kali sehari. Itu pola makan normal. Secara khusus  kata ini dipakai dalam kalimat ini karena menegaskan makanan yang disantap pada saat-saat tertentu sesuai kebutuhan makan manusia. People across the world eat three foods a day (X).
  • I do everything myself. I also cook my own meals. – Saya melakukan segala sesuatunya sendiri. Saya juga memasak makanan saya sendiri (maksudnya makan pagi, makan siang, makan malam).
  • Does the price include any meals? – Apakah harganya termasuk makan (maksudnya makan pagi, siang, atau malam)?

DISH

Kata ini juga terkait erat dengan makanan, meskipun kata ini juga mempunyai beberapa makna lain. Yang disebut dish tentu juga food karena bisa dimakan. Kata ini dipakai terutama ketika sobat berbicara tentang jenis makanan spesifik yang dipersiapkan dan dimasak dengan cara spesifik berdasarkan RESEP tertentu.

Biasanya kata ini dipakai bersama-sama dengan nama bahan utama pembentuk jenis makanan itu. Rendang, misalnya, itu salah satu contoh beef dish. Atau hamburger, itu juga salah satu beef dish. Demikian juga soto daging sapi.

Aligot, makanan Perancis, adalah salah satu jenis potato dish, makanan (yang dipersiapkan dan dibuat dengan cara spesifik berdasar resep tertentu) dari kentang. Chicken Tika Masala, makanan nasional Inggris, adalah contoh chicken dish. Nasi goreng itu salah satu rice dish. Arroz Caldo, bubur ala Filipina, adalah salah satu rice dish.

Jadi, sekali lagi kata ini merujuk pada makanan yang dipersiapkan dan dibuat dengan cara tertentu menurut resep tertentu.  Kata ini juga juga digunakan untuk merujuk pada unsur tunggal yang ada dalam meal. Dalam konteks Indonesia, bisa disepadankan dengan lauk. Kalau sobat sarapan pagi, misalnya, seluruh makanan, misalnya pecel madiun, yang ada di piring atau mangkok sobat, itu disebut meal (makanan yang disantap di saat tertentu – pagi, siang, malam). Tetapi di dalam meal itu ada tempe, peyek kacang, misalnya. Nah, tempe dan peyek kacang itu disebut dish (tepatnya, side dish).

DIET

Bagaimana dengan kata diet? Sobat bisa menggunakan kata ini ketika sobat berbicara tentang makanan yang komposisi maupun materi pembentuknya dirancang khusus untuk menjaga kesehatan sobat. Jadi, ini soal komposisi makanan dan tujuan makanan itu dibuat.

  • They fed him a semi-liquid diet of soft food for a few days. – Mereka memberinya makan semi cair terbuat dari makanan lembut selama beberapa hari.
  • You can add salad to your healthy daily diet. – Anda bisa menambahkan salad sebagai bagian dari makanan harian sehatmu.

CUISINE

Penutur asli mengatakan kata ini adalah ‘fancy word‘ atau kata yang terdengar lebih keren untuk menyebut makanan yang dimasak dengan cara atau metode tertentu, yang biasanya menunjukkan kekhasan wilayah tertentu. Kata ini juga dipakai untuk menyebut gaya atau cara memasak wilayah tertentu. Oleh karena itu, kata ini lazimnya digunakan bersama-sama dengan tempat asal makanan yang dimaksud. Makanan atau masakan China atau Perancis, misalnya, sobat bisa sebut dengan Chinese/French cuisine. Makanan atau masakan Sunda atau Jawa bisa sobat sebut dengan Sundanese/Javanese cuisine.

  • I love Chinese cuisine. – Saya suka sekali masakan/makanan China.
  • Sundanese cuisine is my favorite. – Masakan Sunda adalah kesukaan saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *