Food vs Foods: Apa Bedanya?

By | March 24, 2020

Sobat pembaca setia, topik yang kita bahas kali ini adalah dua nomina yang sering kali membingungkan bagi sementara pembelajar bahasa Inggris, yakni food dan foods. Yang membingungkan adalah, kata food biasanya digunakan dalam fungsinya sebagai nomina uncountable (tak bisa dihitung). Tetapi, ternyata kata ini juga bisa digunakan dalam fungsinya sebagai nomina countable (bisa dihitung). Lalu kapan menggunakan food, kapan menggunakan foods?

FOOD

Kata ini diartikan ‘makanan’ dalam bahasa Indonesia. Kamus online Collins Dictionary menyebutkan bahwa yang dimaksud food adalah “what people and animals eat – yang dimakan oleh orang maupun binatang”. Artinya, apapun yang sobat makan, atau yang dimakan binatang peliharaan sobat itu disebut food. Dalam hal ini nomina food (tanpa s) berfungsi sebagai nomina uncountable. Food merujuk pada makanan secara umum, dan tidak merujuk pada jenis makanan.

Yang dimaksud dengan nomina uncountable adalah nomina yang tidak bisa sobat hitung dengan 1, 2, 3, dan seterusnya. Dalam konteks ini, sobat tidak bisa mengatakan 1 food (X), 2 foods (X), 3 foods (X). Tidak bisa, karena nomina ini merujuk pada keseluruhan kelompok yang diwakilinya. Maksudnya, sobat harus menggunakan food  (tanpa s) ketika berbicara tentang makanan secara umum, makanan sebagai keseluruhan unit, makanan sebagai kesatuan yang tidak bisa dibedakan. Untuk menunjukkan kuantitasnya, sobat bisa menggunakan kata some, much, little.  Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini:

  • The human body needs food for growth – Tubuh manusia memerlukan makanan untuk pertumbuhan. Dari konteks kalimat, jelas bahwa kata food tidak merujuk pada jenis makanan, tetapi pada keseluruhan unit.
  • My sister doesn’t like highly spiced food. – Saudara perempuan saya tidak menyukai makanan yang terlalu banyak bumbu. Dalam kalimat ini, kata food tidak merujuk pada jenis makanan.
  • I left some food in the kitchen. You can eat it if you want to. – Saya meninggalkan makanan di dapur. Kamu bisa makan itu jika kamu mau. Dalam kalimat ini, kata food tidak merujuk pada jenis makanan.

FOODS

Meskipun tidak terlalu lazim, setidaknya tidak selazim food sebagai uncountable noun seperti dijelaskan dalam bagian sebelumnya, kata ini adalah bentuk jamak dari kata food, yang dalam konteks ini berfungsi sebagai countable noun, nomina yang bisa dihitung. Jadi sobat bisa mengatakan a food atau foods, ketika sobat berbicara tentang JENIS makanan.

Di Itali, misalnya, ada cukup banyak jenis makanan terkenal dan lezat seperti pizza, pasta, salami, biscotti. Jadi, pizza is a food, pasta is a food, salami is a food. They are delicious foods. Di Indonesia juga ada banyak jenis makanan. Nasi goreng, soto, sop, nasi campur, semua itu jenis makanan. Nasi goreng is a food, soto is a food, nasi campur is a foodThey are delicious foods. Coba bandingkan kalimat-kalimat ini untuk memperjelas bagaimana food dan foods digunakan:

  • Chicken and rice are food. – Kalimat ini benar. Kalimat ini menekankan bahwa ayam dan nasi makanan dalam pengertian sesuatu yang kita makan. Makanan dalam pengertian umum.
  • Chicken and rice are foods. – Kalimat ini juga benar. Kalimat ini menegaskan bahwa masing-masing, ayam dan nasi, adalah jenis makanan.

 

 

 

 

Author: Admin

Hi, I am Widi. I am an English teacher, blogger, translator, workshop facilitator, writing addict, and photography enthusiast, living in Yogyakarta. I teach, I write, therefore I am.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *