Flyer, Leaflet, Brochure, Pamphlet: Apa sih Bedanya?

By | February 1, 2022

Keempat kata yang menjadi pokok bahasan kita kali ini, yakni flyer, leaflet, brochure, dan pamphlet, termasuk dalam kategori nomina (noun). Keempatnya adalah sebutan yang digunakan untuk menyebut media pemasaran yang terbuat dari kertas dan berisi informasi tertentu. Sobat tentu sudah sangat akrab dengan keempat kata tersebut. Tapi, pertanyaannya, apakah sobat tahu perbedaan di antara keempat kata tersebut?

FLYER/LEAFLET

Dalam penggunaan praktis sehari-hari, kedua kata ini sering dipertukarkan dan dianggap sama, bahkan oleh penutur asli, meskipun sebenarnya tidak sama. Keduanya sering dipertukarkan karena dua jenis alat promosi produk maupun event ini diperlakukan sebagai sesuatu yang disposable, artinya”sekali baca langsung buang”. Bayangkan sobat berhenti di perempatan, dan kemudian ada orang membagi-bagikan selebaran. Itulah flyer atau selebaran.

Tetapi, bagi orang yang menggeluti bisnis printing keduanya tidak sama. Flyer lazimnya sederhana dari sisi tampilan, dan terbuat dari bahan yang murah. Desain tidak rumit, dan tidak banyak grafis. Tujuan utamanya adalah pesan sampai dan dibaca sebanyak mungkin orang. Ukuran kertas yang digunakan umumnya A4, atau bisa juga lebih kecil. Flyer biasanya digunakan untuk pemasaran skala kecil dan menjangkau wilayah kecil.

Leaflet umumnya mempunyai tampilan lebih atraktif, dengan banyak grafis yang lebih menarik dan bagus, dan oleh karenanya membutuhkan ongkos cetak lebih tinggi daripada flyer. Ukuran standar kertas yang dipakai adalah A6. Kertas yang dipakai biasanya juga lebih bagus dan lebih mahal.

Terkait jenis informasinya pun berbeda. Informasi dalam leaflet biasanya ‘abadi’ atau relevan dalam jangka waktu lama, sementara flyer biasanya berisi informasi tentang event yang terjadi sekali lalu selesai. Informasi tentang diskon misalnya, lazimnya dibagikan lewat flyer, karena bukan informasi abadi. Informasi tentang layanan kesehatan yang disediakan oleh lembaga tertentu lebih tepat dalam bentuk leaflet karena informasinya masih akan relevan dalam jangka waktu lama.

BROCHURE/PAMPHLET

Brochure adalah kata lain dari pamphlet. Keduanya sinonim. Dalam bahasa Indonesia dieja brosur dan pamflet. Yang paling menyolok dari brochure atau pamphlet adalah lipatannya. Ini perbedaan paling kentara antara brochure dan flyer/leaflet. Brochure selalu dilipat, sementara flyer/leaflet lazimnya hanya selembar dan tidak dilipat. Yang paling sering kita jumpai, brochure dilipat 3, meskipun tidak selalu.

Brosur biasanya terbuat dari bahan yang baik dan tidak dibuat seadanya. Itulah sebabnya brosur umumnya tidak dibagikan di jalan-jalan, tetapi dibagikan di tempat-tempat tertentu. Brosur biasanya diletakkan di toko-toko, kantor, sekolah, rumah makan, atau tempat-tempat lain yang dianggap strategis untuk menyasar segmen pasar tertentu. Informasi biasanya disajikan dalam bentuk uraian deskriptif, meskipun singkat dan padat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

eight + eight =