Flip a Loonie, Wiggle a Toonie

By | April 1, 2020

“Flip a Loonie, Wiggle a Toonie” adalah judul lagu yang diciptakan oleh seorang warga negara Kanada bernama Michael. Ini adalah lagu edukatif yang berisi ajakan untuk rajin menabung. Sobat bisa membaca syair lengkap lagu tersebut di link ini. Berikut adalah salah satu bait lirik lagu tersebut:

Flip a loonie, wiggle a toonie, a kabling the cash,
Cause mama’s asking, dad’s ahahing, and siblings say whatever fast,
The money meter’s rising and someone’s gotta pay,
The money meter’s rising and you just save, save, save

Apa itu loonie? Apa itu tonnie? Loonie adalah adalah sebutan untuk koin 1 dollar Kanada, dan toonie adalah koin 2 dollar Kanada. Loonie didesain dan dikeluarkan oleh The Royal Canadian Mint tahun 1987, dan toonie pada tahun 1995. Sebutan loonie muncul dan kemudian populer sebagai bagian dari proses yang alami dan barangkali spontan. Nama koin 1 dollar Kanada itu berasal dari gambar burung Loon yang ditemukan pada salah satu sisi koin ini.

Loon adalah nama burung akuatik (hidup di perairan) yang banyak ditemukan di Amerika Utara dan Eurasia Utara. Orang-orang Inggris menyebutnya divers (penyelam). Burung ini sangat banyak ditemukan di Kanada, yang sebagian besar wilayahnya ada di Amerika Utara. Tidak heran ketika kemudian burung inilah yang dipilih untuk diabadikan pada koin 1 dollar Kanada.

Sebenarnya, desain awal koin 1 dollar ini bukan burung loon, melainkan voyageur dalam sebuah kapal kano (canoe). Voyageur (plural voyageurs) menurut sejarah adalah orang-orang Kanada keturunan Prancis yang terlibat dalam pengiriman bulu menggunakan kano. Sialnya cetakan untuk gambar voyageurs dalam kapal kano hilang di perjalanan. The Royal Canadian Mint khawatir, hilangnya cetakan tersebut akan disalahgunakan oleh orang-orang tidak bertanggungjawab. Itulah sebabnya kemudian gambar pada koin 1 dollar pun diganti dengan burung loon.

Nah, bagaimana dengan toonie? Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, toonie adalah sebutan untuk koin 2 dollar Kanada. Kata ini adalah gabungan antara two dan loonie, meskipun gambar yang diabadikan pada satu sisi koin 2 dollar ini bukan burung loon, tetapi beruang kutub yang oleh suku Inu disebut Nanook. Banyak orang mengusulkan sebutan beary dan nooki, tetapi tidak populer.

Author: Admin

Hi, I am Widi. I am an English teacher, blogger, translator, workshop facilitator, writing addict, and photography enthusiast, living in Yogyakarta. I teach, I write, therefore I am.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *