Fix, Repair, Mend

By | January 30, 2016

Sobat pembaca, kali ini kita akan membahas tiga kata yang mempunyai kemiripan makna: fix, repair, dan mend. Ketiganya adalah kata kerja (verb), dan dalam bahasa Indonesia, sering diartikan sebagai memperbaiki benda atau barang yang rusak supaya bisa berfungsi atau digunakan kembali. Ketiga kata tersebut juga bisa berfungsi sebagai atau benda (noun) tanpa mengalami perubahan bentuk. Pertanyaannya, apa perbedaan di antara ketiganya?

FIX/REPAIR

Kedua kata ini dalam banyak hal bisa saling menggantikan. Kata fix ini adalah kata yang paling umum dibanding dua kata lain, dan bisa dipakai dalam konteks apapun. Jika sobat pembaca ragu-ragu, silakan gunakan kata ini. Tetapi, kata fix terasa lebih informal dibanding repair, dan oleh karenanya lebih cocok digunakan dalam bahasa Inggris sehari-hari dalam konteks yang tidak formal. Sobat disarankan untuk menggunakan kata repair dalam tulisan.

  • I know there was something wrong with my laptop, but I have no idea how to fix/repair it. – Saya tahu ada yang tidak beres dengan laptop saya tetapi saya tidak tahu cara memperbaikinya.
  • You cant’t fix a broken heart. – Kamu tidak bisa menyembuhkan hati yang patah. Dalam hal ini, repair tidak bisa digunakan.

Meskipun fix dan repair dianggap sinonim, kata fix dianggap mempunyai nuansa makna yang lebih kaya dibanding repair. Fix bisa juga berarti melakukan penyesuaian atau modifikasi. Misalnya, suatu kali sobat pembaca membeli motor baru. Ketika sobat mencoba untuk mengendarainya, Anda mendapati bahwa motor baru ini terlalu tinggi untuk sobat sehingga kaki sobat tak bisa menginjak tanah dengan mantap saat berhenti. Karena itu, Anda mengininkan agar shock breaker motor ini diperpendek. Dalam konteks seperti ini hanya kata fix yang bisa digunakan.

  • I really need to have the shock breaker fixed and made a bit lower so that my feet can reach the ground. – Saya harus meminta agar shock breakernya diperbaiki(dimodifikasi) dan dibuat sedikit lebih rendah agat kaki saya bisa mengnjak tanah.
  • I need to have the shock breaker repaired juga bisa digunakan tetapi kalimat ini mengisyaratkan bahwa shock breakernya rusak dan perlu diperbaiki.

Sementara itu kata repair hanya terbatas pada memperbaiki supaya bisa berfungsi seperti sedia kala, makna yang juga bisa diungkapkan dengan kata fix. Kata ini dianggap lebih formal dibanding fix, dan karena alasan ini, sobat disarankan menggunakannya dalam tulisan.

MEND

Kata mend digunakan dalam konteks yang lebih terbatas, dan biasanya dipakai dalam konteks memperbaiki pakaian, atau memperbaiki relasi. Kata mend tidak terlalu sering digunakan di American English. Kata ini lebih lazim dipakai dalam British Englsh.

  • You can’t mend a broken relationship. – Kamu tidak bisa memperbaiki relasi yang putus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *