Find dan Find Out: Beda Atau Sama?

By | May 25, 2016

Find dan find out itu beda nggak sih? Sobat pembaca mungkin bertanya-tanya. Tentu beda. Kata find adalah kata kerja (verb), sementara find out adalah phrasal verb, yakni kata kerja plus preposisi.

Dari sisi makna juga beda. Kesalahan yang sering terjadi adalah ketika keduanya dipertukarkan tanpa mempertimbangkan perbedaan di antara keduanya. Mari kita bahas satu per satu.

FIND

Kata ini bisa berarti mencari atau menemukan sesuatu atau seseorang yang hilang atau tersembunyi, secara sengaja atau kebetulan. Dengan pengertian ini, kata kerja ini diikuti obyek secara langsung. Mari kita lihat contoh-contoh kalimat berikut:

  • I finally found the documents. – Saya akhirnya menemukan dokumen-dokumen itu. Dalam kalimat ini, find berarti menemukan secara sengaja seteliah sekian lama mencari.
  • We need to find the right time to discuss the issue. – Kita perlu mencari waktu yang tepat untuk mendiskusikan persoalan ini.

Kata ini juga dipakai untuk mengungkapkan opini kita tentang sesuatu atau seseorang:

  • I found the problem so complex that I have no idea how to resolve it. – Menurutku masalah itu rumit.

Kata ini juga bisa berarti mengetahui sendiri karena Anda mengalaminya sendiri (maksudnya tanpa dberitahu orang lain) mengenai sesuatu. Dalam hal ini verba ini sering digunakan bersama-sama dengan that-clause. Perhatikan kalimat-kalimat berikut:

  • I find that if I leave the house after 6.15 there is too much traffic. – Saya menemukan bahwa kalau saya meninggalkan rumah setelah pukul 6.15 lalu-lintasnya padat.
  • I find that as you get older, you will know yourself better. – Saya menemukan bahwa ketika kamu bertambah usia, kamu akan mengenal dirimu sendiri lebih baik.

FIND OUT

Frase ini bisa berarti mencari tahu atau mengetahui informasi tertentu dengan upaya, atau tidak secara sengaja. Frase ini selalu mengisyaratkan bahwa mencari tahu atau mengetahui sesuatu dengan bantuan eksternal. Misalnya, suatu hari  sobat melihat bahwa salah seorang teman baik sobat berperilaku tidak seperti biasanya. Dia tidak banyak bicara, lebih banyak diam, dan bagi sobat itu aneh. Sobat ingin mencari tahu apa sebabnya. Nah, sobat lalu mencari tahu lewat teman-teman dekatnya mengapa akhir-akhir ini  Erna tidak banyak bicara. Dalam konteks seperti inilah, frase ini digunakan:

  • I’ll find out why Erna is so quiet today. – Saya akan cari tahu mengapa Erna begitu pendiam hari ini.
  • I have found out the secret recipe of the delicious ice cream. – Saya telah mengetahui resep rahasia es krim yang lezat itu.
  • I finally found out her email address. – Saya mengetahui alamat emailnya.

Di luar beberapa pengertian di atas, ada nuansa dan pengertian lain yang terkandung dalam find dan find out, terutama ketika diikuti oleh that clause. Dalam praktik sehari-hari, pilihan antara find dan find out ditentukan oleh makna yang ingin disampaikan oleh pengguna, terutama dalam konteks kalimat yang sama. Bandingkan 2 kalimat berikut:

  • I returned to the hospital, and found that my patient had passed away.
  • I returned to the hospital and found out that my patient had passed away.

Kalimat pertama mengisyaratkan bahwa sobat tahu sendiri (tidak ada yang memberitahu) mengenai meninggalnya pasien sobat saat tiba di rumah sakit. kalimat kedua mengisyaratkan bahwa sobat tahu dari orang lain (diberitahu).

 

 

One thought on “Find dan Find Out: Beda Atau Sama?

  1. Ai miskha

    Oh jadi kalau kita pakai find arrinya kt yang alami atau kita yang tau sendirinya sedangkan find out untuk kita yang sdh diberitahu org lain ttg sesuatu. Benar begitu?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *