Figure Out vs Find Out

By | May 29, 2016

Baik figure out maupun find out termasuk dalam kategori phrasal verb, yakni kata kerja plus preposisi. Kedua frase tersebut mempunyai kesamaan: dua-duanya berarti mencari tahu atau mengetahui, dan ada persilangan makna di antara keduanya. Ada konteks tertentu ketika kedua frase ini bisa saling menggantikan, dan ada konteks lain ketika sobat harus menggunakan salah satu.

FIGURE OUT

Jika sobat menggunakan frase ini, itu mengisyaratkan bahwa sobat mencari tahu atau mengetahui informasi tertentu secara aktif menggunakan daya nalar atau akal budi sobat, entah dengan mengeksplorasi gagasan-gagasan terkait, berpikir, atau melakukan permenungan tanpa bantuan eksternal.

Misalnya, suatu hari komputer desktop sobat ngadat, tidak berfungsi sebagaimana biasanya, dan sering macet gak mau jalan. Sobat penasaran, dan mulai mencoba ini itu, mengutak-atik sendiri, kilk sana klik sini, mencari solusi atau jawaban atas masalah ini. Sobat benar-benar berpikir sendiri, mencoba-coba sendiri, tanpa mencari informasi atau bantuan eksternal.

  • I tried to figure out what was wrong with my computer. – Saya mencoba mencari tahu/mencari solusi/jawaban apa yang tidak beres dengan komputer saya.

Atau, suatu kali sobat sedang mengerjakan PR Fisika, dan ada satu soal yang sulit. Sobat mencoba berbagai cara dengan rumus-rumus yang sudah sobat pelajari tetapi tetap saja belum ketemu jawabannya. Ketika sobat mencoba sendiri mencari tahu jawaban atas soal ini menggunakan rumus, sobat menggunakan pikiran sobat. Ada proses berpikir di sini.

  • This math problem is hard. I’ve been working on it for hours, and I can’t figure out the answer. – Soal matematika ini sulit. Saya sudah kerjakan berjam-jam, dan saya tidak bisa menemukan jawabannya.

FIND OUT

Frase ini digunakan ketika sobat mencari tahu informasi tertentu dari sumber-sumber eksternal: website, bertanya pada orang lain, buku manual, poster, pamflet, pengumuman, diberitahu orang, dan lain-lain. Misalnya, sobat baru saja membeli tenda mini untuk 3 orang. Sampai di rumah sobat ingin mencoba mendirikan tenda itu, tetapi sobat bingung tidak tahu caranya. Lalu sobat mencari tahu dengan membaca buku manual. Sobat tidak berpikir sendiri, mencoba sendiri, mengutak-atik sendiri, tetapi mencari bantuan eksternal.

  • I’ll get the manual to find out how to set up this tent. – Saya akan ambil buku manualnya untuk mencari tahu cara mendirikan tenda ini.

PERTANYAANNYA: Apakah sobat bisa menggunakan figure out dalam konteks memasang tenda? Tentu bisa, tetapi maknanya berbeda.

  • I have no idea how to set up this tent, but I’ll figure it out. – Saya tidak tahu cara mendirikan tenda ini, tetapi saya akan coba cari tahu caranya/jawabannya.

Nah, kalimat di atas mengisyaratkan bahwa sobat memikirkan sendiri caranya, mencoba sendiri, mengutak-atik sendiri, tanpa membaca manual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *