Famous atau Popular?

By | November 12, 2015

Sobat pembaca, kali ini kita akan membahas dua ajektiva yang sering membingungkan: famous dan popular. Dua kata ini sering membingungkan karena dalam bahasa Indonesia sering diartikan ‘terkenal’, meskipun perbedaan maknanya sangat jelas. Seseorang bisa famous tetapi tidak popular. Sebaliknya, seseorang bisa popular tetapi tidak famous. Seseorang juga bisa famous sekaligus popular.

Seseorang bisa disebut famous, artinya terkenal/dikenal luas/dikenal banyak orang, dibicarakan oleh banyak orang yang tahu tentangnya, termasuk  oleh orang-orang yang sebenarnya tidak mengenalnya secara pribadi, atau bahkan oleh orang-orang yang hanya mendengar namanya saja.

Sobat pasti pernah mendengar dan tahu tentang The Beatles, band legendaris dari Inggris. Sobat tahu band ini meskipun belum pernah ketemu langsung atau nonton konsernya. Sebuah kelompok band seperti The Beatles bisa terkenal dalam pengertian ini ketika sebagian besar orang di seluruh dunia mengenal atau tahu tentang band ini meskipun tak pernah bertemu langsung, dan hanya mendengar tentang kelompok musik ini dari berita TV atau media lainnya.

Contoh lain adalah Presiden Obama. Ia adalah sosok yang famous, orang yang dikenal luas, bahkan mungkin oleh orang-orang di seluruh dunia, yang mungkin belum pernah ketemu langsung dan hanya tahu/mendengar tentang sang presiden dari televisi atau media masa. Presiden Obama sekaligus popular karena dia disukai oleh banyak orang yang mengenalnya karena kepribadiannya yang hangat.

Sebaliknya, Hitler adalah contoh tokoh yang famous di seluruh dunia, karena dibicarakan oleh banyak orang, dan disebut-sebut dalam buku-buku sejarah. Tetapi, Hitler sama sekali tidak popular, karena dia tidak disukai oleh banyak orang.

Seorang yang popular disukai oleh orang-orang yang mengenalnya di kalangan yang tentu saja terbatas. Ambil contoh yang lebih sederhana. Coba sobat pembaca bayangkan seorang gadis cantik berambut panjang di kampus sobat, yang selalu membuat cowok-cowok menoleh saat dia lewat. Gadis ini kemungkinan besar gadis yang popular di kalangan cowok-cowok, karena dia disukai.

Sebaliknya, coba sobat bayangkan seorang gadis pendiam di kampus sobat, gadis yang sangat cerdas yang memenangkan banyak kompetisi dan lomba. Gadis ini dibicarakan oleh banyak orang di kampus sobat maupun oleh orang-orang yang tahu gadis ini lewat pemberitaan media masa. Pokoknya dikenal luas. Tetapi, gadis ini tidak membuat cowok-cowok menoleh saat dia lewat. Gadis ini famous, tetapi tidak popular di kalangan cowok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *