Experience vs An Experience/Experiences: Bedanya Apa?

By | March 28, 2021

Sobat pembaca, kali ini topik yang diangkat sederhana. Dikatakan sederhana karena hanya mendiskusikan perbedaan makna antara bentuk uncountable (nomina tak bisa dihitung) dan countable (bisa dihitung) dari kata experience. Bukannya sudah jelas ya perbedaan antara uncountable dan countable? Mungkin sobat bertanya demikian. Ya memang jelas, bahwa nomina tak bisa dihitung itu berarti tidak bisa dikuantifikasi dengan satu, dua, tiga, dan seterusnya, sementara nomina bisa dihitung dapat dikuantifikasi.

Hmmm …. Itu tidak keliru jika kita berbicara tentang rambut, misalnya. Tetapi, untuk kata experience persoalannya tidak sesederhana itu. Ada perbedaan makna yang sangat mendasar di antara keduanya. Mari kita bahasa masing-masing bentuk ini.

EXPERIENCE

Bentuk uncountable dari kata experience tidak pernah digunakan dengan partikel an dan tidak pernah diakhiri dengan -s. Bentuk ini digunakan ketika sobat berbicara tentang pengalaman dalam pengertian pengetahuan atau keterampilan yang sobat miliki, yang berasal  dari melakukan sesuatu, melihat atau mengamati sesuatu, atau merasa sesuatu. Lazimnya, sobat memiliki pengalaman dalam pengertian ini setelah sobat mengumpulkannya dalam waktu cukup lama sehingga sobat cukup terampil atau punya pengetahuan mengenai sesuatu.

Misalnya begini. Ketika sobat melamar kerja, dan kemudian diwawancarai, sobat mungkin ditanya,”Apakah Anda punya pengalaman dengan komputer?” Yang dimaksud adalah, apakah sobat punya pengetahuan/keterampilan terkait komputer. Dalam bahasa Inggris, pertanyaan itu akan berbunyi,”Do you have any experience with computers?” Perhatikan bahwa kata experience tidak diakhiri dengan s. Berikut adalah dua contoh lain:

  • I have ten years of experience in this field. – Saya punya pengalaman (dalam arti pengetahuan dan keterampilan) sepuluh tahun di bidang ini.
  • I have a lot of experience working with international colleagues. – Saya punya banyak pengalaman (dalam arti pengetahuan dan keteampilan) bekerja dengan kolega dari berbagai negara.

AN EXPERIENCE/EXPERIENCES

Nah, ini adalah bentuk tunggal (singular) dan jamak (plural) dari kata experience sebagai countable noun atau nomina yang bisa dihitung. Perhatikan kata sandang an dan akhiran -s yang ditambahkan/digunakan bersama-sama dangan kata ini.

Apa yang dimaksud dengan pengalaman dalam pengertian ini? Yang dimaksud dengan an experience atau experiences adalah pengalaman dalam pengertian kejadian atau peristiwa. Misalnya, sobat suatu hari berkunjung ke Bunaken dan kemudian sobat menyelam untuk menikmati sensasi keindahan bawah laut di sana. Bagi Anda itu sebuah pengalaman yang mengesankan. “Bunaken offers a great diving experience.” Bunaken menawarkan sebuah pengalaman menyelam yang luar biasa.

Jelas, kata experience dalam kalimat tersebut sama sekali tidak merujuk pada pengetahuan atau keterampilan, tetapi pada kejadian atau peristiwa tertentu, dalam hal ini menyelam. Atau, misalnya, sobat suatu kali mendapatkan kesempatan mengikuti program pertukaran pelajar dengan salah satu sekolah di Australia. Di sana, sobat tinggal dengan sebuah keluarga Australia. Bagi Anda itu sebuah pengalaman yang tak terlupakan. “Living with an Australian family was such an unforgettable experience.”  Tinggal dengan sebuah keluarga Australia. Kata experience dalam contoh terakhir ini juga tidak merujuk pada pengetahuan atau keterampilan, tetapi pada suatu kejadian tertentu, yakni tinggal bersama keluarga Australia. Berikut adalah tiga contoh lain:

  • Sitting in on your class and observing your teaching is a great experience. – Duduk di kelas Anda dan mengamati pengajaran Anda itu sebuah pengalaman luar biasa.
  • We shared with each other our experiences of living in foreign countries. – Kami saling berbagi pengalaman (banyak tidak hanya satu) tinggal di negara asing.
  • I have some bad experiences with online shopping. – Saya punya beberapa pengalaman buruk dengan belanja online.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Warning: Illegal string offset 'subject' in /home/englishf/public_html/wp-content/plugins/spamlord/spamlord.php on line 86