Everyone vs Everybody: Beda Apa Sama?

By | March 20, 2017

Topik bahasan kita kali ini adalah dua kata ganti atau pronoun yang kerap digunakan dalam komunikasi bahasa Inggris, yakni everyone dan everybody. Sama atau beda sih sebenarnya?

Kamus biasanya mendefinisikan everyone sebagai everybody, dan sebaliknya. Oleh sebab itu, dalam komunikasi sehari-hari kedua kata ini dianggap sinonim, dan nyaris identik, dan dalam banyak konteks dapat dipertukarkan. Dalam American English, everyone dianggap lebih formal, sementara everybody lebih lazim dipakai dalam situasi kasual/informal.

Tapi, apakah kedua kata itu benar-benar sama? Gak juga sih. Ada perbedaan tipis. Saking tipisnya, penutur asli awam, maksudnya bukan akademisi, tak terlalu memperhatikan perbedaan di antara keduanya. Jadi, bedanya apa?

Begini. Selain terkait dengan situasi formal/informal, keduanya juga berbeda dalam hal ini: everybody digunakan untuk menyapa semua orang dalam kelompok SEBAGAI SATU KESATUAN/KESELURUHAN, dan everyone digunakan untuk merujuk pada masing-masing individu dalam sebuah kelompok.

Sobat bayangkan ketika sobat menjadi pembicara dalam sebuah konferensi, dan sobat menyapa semua orang yang hadir sebagai peserta di situ. Kata yang tepat untuk situasi semacam ini adalah everybody. Sobat sedang menyapa peserta sebagai satu unit, sebagai keseluruhan, dan BUKAN menyapa masing-masing sebagai individu, yang tentu saja tidak mungkin dilakukan.

Atau ketika sobat mengatakan,”I met everybody in the party,” itu berarti soba ingin mengungkapkan bahwa sobat bertemu dengan orang-orang di pesta itu sebagai keseluruhan. Sobat tidak bertemu dan menyapa masing-masing individu yang hadir dalam pesta.

Sebaliknya, ketika sobat reuni dengan teman-teman satu kelas SMA dulu di sebuah restoran, kemungkinan besar sobat bisa menyapa satu per satu, masing-masing individu yang hadir. Nah, dalam situasi semacam ini, sobat bisa mengatakan,”I met everyone in the restaurant.”

Jadi, tergantung sobat sendiri, makna yang mana yang ingin ditekankan. Tetapi, sekali lagi, sebagian penutur asli tak terlalu memperhatikan perbedaan tipis ini, dan dalam keseharian dianggap identik, sementara sebagian yang lain melihat perbedaan di antara kedua kata itu terkait dengan situasi formal atau situasi informal. Kalau sobat mengalami kesulitan untuk menentukan apakah harus menggunakan everyone atau everybody, silakan gunakan yang manapun. Penutur asli pasti memahami maksud Anda.

Semoga membantu.

2 thoughts on “Everyone vs Everybody: Beda Apa Sama?

  1. ContohText

    Apakah ada rujukan mengenai perbedaan everyone dan everbody tersebut berdasarkan kamus atau literatur? Masih lumayan belum paham sepenuhnya nih…

    Reply
    1. Admin Post author

      Hi, thanks for visiting my blog ..

      Kalau di kamus intinya sama dengan yang saya tuliskan di paragraf 2. Keduanya bisa dipertukarkan, dan dalam komunikasi sehari-hari memang begitu. Soal perbedaan makna yang sangat tipis itu ada di forum-forum diskusi bahasa Inggris, karena memang kamus kadang-kadang tidak menjelaskan semuanya. Forum-forum ada banyak ditemukan di Internet, meskipun harus dipastikan bahwa yang mengatakan itu penutur asli.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *