Eve & Evening: Beda atau Sama?

By | January 31, 2020

Sobat pembaca setia, kali ini kita akan bahas dua kata bahasa Inggris yang mempunyai kedekatan makna, yaitu eve dan evening. Sama atau beda sebenarnya?  Banyak orang juga mengira bahwa eve adalah bentuk pendek dari evening. Apakah benar demikian? Mari kita bahas masing-masing kata.

EVE

Awalnya, sekitar tahun 1200, kata ini memang berarti malam, yakni periode waktu setelah matahari terbenam sampai waktu menjelang tidur. Tidak ada ketetapan menyangkut jam. Dalam pengertian ini, kata eve semakna dengan kata evening. Tetapi sekarang ini, makna asli kata ini tidak lagi dipakai, dan untuk mengungkapkan makna ini, kata evening lah yang digunakan.

Kemudian, sekitar abad ke 13, kata ini secara spesifik merujuk pada malam sebelum hari peringatan orang suci. Makna spesifik inipun kemudian mengalami perluasan. Artinya, tidak hanya merujuk pada malam menjelang peringatan orang suci, kata ini saat ini juga berarti ‘malam menjelang hari libur atau peristiwa penting’. Perhatikan contoh-contoh berikut ini:

  • He felt sick on the eve of the election – Ia jatuh sakit pada malam menjelang pemilu.
  • What are you doing on New Year’s eve? – Apa yang akan kamu kerjakan pada malam tahun baru?
  • They gathered and prayed on the eve of St. John De Britto. – Mereka berkumpul dan berdoa pada malam menjelang peringatan St Yoh De Britto.

EVENING

Nah, kata ini berasal dari kata æfnung, sebuah kata yang berasal dari periode Old English (antara abad 5 sampai 11 Masehi), yang berarti ‘the coming of evening, sunset, time around sunset’. Jadi, sebenarnya kata æfnung sendiri sebagai akar kata evening mempunyai pengertian yang lebih sempit. Kata evening dengan makna yang dipahami saat ini, yakni periode waktu antara matahari terbenam hingga waktu menjelang tidur, berasal dari abad ke 15 Masehi.  Maka, kata tidak bisa digunakan untuk mengganti kata eve dalam kalimat-kalimat di atas, karena memang berbeda makna.

  • He felt sick on the evening of the election. (X)
  • They gathered and prayed on the evening of St. John De Britto. (X)
Author: Admin

Hi, I am Widi. I am an English teacher, blogger, translator, workshop facilitator, writing addict, and photography enthusiast, living in Yogyakarta. I teach, I write, therefore I am.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *