Electric, Electronic, Electrical: Apa sih bedanya?

By | December 30, 2015

Ketiga kata yang kita bahas kali ini: electric, electronic, dan electrical,  adalah kata sifat (adjective) yang digunakan untuk menerangkan kata benda (noun). Ketiganya mempunyai kedekatan makna dengan kata electricity, yang berarti listrik. Dan benar, ketiganya terkait erat dengan listrik. Lalu, kapan sobat pembaca mesti menggunakan masing-masing kata dengan tepat?

ELECTRIC

Kata ini sering diartikan elektrik, dan digunakan untuk menerangkan benda-benda atau alat-alat yang bekerja menggunakan listrik. Electric heater, misalnya, merujuk pada pemanas air yang bekerja menggunakan tenaga listrik. Secara khusus, kata ini digunakan untuk alat-alat yang sekadar menggunakan listrik supaya bisa menyala dan bekerja. Di dalamnya tidak ada sistem sirkuit kelistrikan yang rumit, atau sistem logika digital yang kompleks.

Jika ada kerusakan pada sebuah alat elektrik sobat cukup memeriksa dan memastikan bagian-bagian yang bertugas memasok tenaga listrik pada alat itu bekerja atau tidak. Tidak lebih dari itu. Kalau pemanas elektrik itu  tidak bekerja dengan baik, sobat tidak perlu repot-repot memeriksa bagian lain yang tidak ada hubungannya dengan pasokan tenaga listrik.

Contoh alat-alat elektrik adalah electric toaster, hairdryer, light bulb, cigarette, razor, guitar, music box, stove, dan lain-lain.

ELECTRONIC

Berbeda dengan kata electric, kata electronic secara khusus digunakan untuk menerangkan alat-alat yang mempunyai sistem sirkuit kelistrikan yang rumit dan/atau sirkuit logika digital yang kompleks. Maka, ada sementara orang yang mengatakan bahwa alat yang electronic tidak sekadar menggunakan listrik sebagai daya atau tenaga supaya bisa bekera dengan baik, tetapi juga menggunakan listrik sebagai alat untuk mengirim informasi (informasi di sini bukan dalam konteks pengetahuan, tetapi data matematis atau digital) dan melakukan sesuatu terhadap informasi itu.

Coba sobat pembaca bandingkan dua alat berikut ini: electric light bulb dan electronic light sensor. Light bulb atau bola lampu adalah electric, karena benda ini menggunakan listrik hanya sebagai tenaga supaya bisa bekerja dengan baik atau menyala. Sementara itu, light sensor adalah elecronic karena alat ini mampu menghasilkan tegangan listrik yang besarannya tergantung pada jumlah cahaya yang diterimanya, yang menjadi bagian dari sebuah sistem untuk secara otomatis mematikan lampu di siang hari.

Sensor ini pasti menggunakan listrik supaya bisa bekerja. Tetapi tak hanya itu, alat ini juga mampu mengirimkan informasi atau data (dalam hal ini berupa jumlah cahaya yang masuk atau diterima oleh sensor) ke bagian tertentu dalam sensor ini yang kemudian menghasilkan tegangan listrik sampai pada level tertentu yang kemudian secara  otomatis mematikan lampu.

Contoh lain adalah electronic computers, electronic tablets, electronic laptops, electronic radio, electronic refrigerators, dan lain-lain. Sebagai catatan, alat-alat ini juga sering disebut sebagai electronics.

ELECTRICAL

Kata electrical berarti terkait dengan listrik. Kata ini secara khusus mengacu pada sesuatu yang menghasilkan atau memproses tenaga listrik. Kata ini digunakan, misalnya, dalam frase electrical generator, electrical outlet, electrical equipment, dan lain-lain.

Kadang-kadang kata ini juga digunakan untuk menerangkan orang atau person yang terkait dengan kelistrikan tetapi tidak menggunakannya secara langsung: electrical engineer, electrical consultant, dan lain-lain.

Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *