Do You Sometimes Get Hangry?

By | June 1, 2018

Sobat mungkin bertanya-tanya, yakin itu kata hangry dalam judul di atas bukan akibat salah ketik? Yakin bukan hungry yang dimaksud? Atau angry, barangkali? Bukan, sobat. Itu bukan salah ketik. Memang ejaannya seperti itu: hangry. Memang ada kata hangry dalam bahasa Inggris? Ya, adalah.

Benar, sobat. Kata yang kita bahas kali ini, hangry, memang benar-benar ada. Kata ini diucapkan /ˈhaŋɡri/. Kok perasaan belum pernah dengar? Iya, memang kata ini termasuk baru. Tidak baru banget sih. Tetapi, setelah kemunculan Internet, kata ini menjadi semakin populer melalui forum-forum online, dan kemudian digunakan secara cukup luas dalam percakapan sehari-hari, meskipun bernuansa informal. Dan awalnya, kata ini dianggap sebagai slang.

Kata ini adalah kombinasi antara hungry dan angry. Sebagai ajektiva, kata ini digunakan untuk mendeskripsikan perasaan marah akibat lapar. Perasaan yang pasti sobat pernah alami. Ketika sobat lapar, rasa lapar Anda semakin menjadi-jadi seiring berjalannya waktu. Dan rasa lapar membuat sobat semakin lama semakin mudah marah, dan akhirnya marah beneran. Jadilah, you are hangry!

Secara ilmiah sudah terbukti bahwa seseorang sulit mengatur temperamen ketika kadar gula dalam darah rendah, dan itu terjadi ketika sobat merasa lapar. Jadi, ini bukan sekedar permainan kata, tetapi kombinasi kata yang cerdas karena didukung bukti ilmiah. Selain itu, kata ini memang secara tepat mendeskripsikan marah dan lapar di saat bersamaan.

Kata ini sudah secara resmi diterima sebagai kata, dan sudah masuk dalam kamus terbitan Oxford tahun 2015. Kapan kata ini pertama kali digunakan? Ada bukti bahwa kata ini pertama kali digunakan tahun 1956 dalam sebuah artikel di jurnal psikoanalitis bernama American Imago. Kata ini juga pernah muncul dalam sebuah cerpen tulisan Rebecca Camu berjudul A Splinter of Glass yang dipublikasikan tahun 1992. Tetapi kata ini tidak cukup populer dipakai oleh khalayak sampai kelahiran era Internet.

  • You should not let yourself get hangry. Get something to eat. – Kamu tidak seharusnya membiarkan dirimu sendiri makin marah dan lapar. Cari sesuatu yang bisa kamu makan.
  • They have not eaten anything for two days. And now they are hangry. – Mereka tidak makan selama dua hari. Dan sekarang mereka marah dan lapar.

Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *