Dissatisfied vs Unsatisfied: Bedanya Apa Ya?

By | March 17, 2017

Sobat pembaca, kali ini kita akan bahas dua ajektiva yang berasal dari akar kata yang sama, yakni dissatisfied dan unsatisfied. Keduanya terkait dengan verba satisfy. Perbedaan antara kedua kata ini erat kaitannya dengan makna kata kerja tersebut.

Kata satisfy mempunyai dua makna pokok. Pertama, menurut kamus online Merriam Webster verba ini berarti “to cause someone to be happy or pleased” – menyebabkan atau membuat seseorang bahagia atau senang. Kedua, menurut kamus online Dictionary.com kata ini juga berarti “to fulfill the desires, expectations, needs, or demands of (a person, the mind, etc.)” – memenuhi keinginan, ekpektasi, kebutuhan, atau tuntutan dari seseorang, pikiran, dan lain-lain. Sekarang mari kita bahas satu per satu.

DISSATISFIED

Kata ini terkait dengan makna pertama kata satisfy, yakni “to cause someone to be happy or pleased”. Ketika sobat mengunjungi sebuah restoran, bersantap malam di situ, dan pelayanan yang diberikan memuaskan sobat, sobat bisa mengatakan,”The excellent service of the restaurant satisfied me.” Itu artinya, sobat puas dengan pelayanan restoran itu. “I was satisfied with the excellent service of the restaurant.”

Tetapi, sebaliknya, kalau sobat TIDAK puas dengan pelayanan sebuah restoran, sobat bisa mengatakan,”I was NOT SATISFIED with the service of the restaurant” atau “I was DISSATISFIED with the service of the restaurant.”

Jadi, kata dissatisfied lebih pas diartikan tidak puas, tidak senang, kecewa. Kata ini digunakan untuk menunjukkan perasaan tidak puas atau perasaan kecewa, bahkan rasa frustasi seseorang terhadap sesuatu, seseorang yang lain, atau situasi. Dan kata ini hanya bisa diterapkan dan digunakan untuk orang saja.

  • I had a feeling that my boss was dissatisfied with my work. – Saya merasa bos saya tidak puas dengan pekerjaan saya. My boss was unsatisfied with my work (X).
  • Any felt dissatisfied with her own career. – Any merasa tidak puas karirnya sendiri. Any felt unsatisfied with her own career (X).

UNSATISFIED

Kata ini terkait erat dengan makna kedua dari kata satisfy, yakni memenuhi keinginan, ekspektasi, kebutuhan, tuntutan, syarat, dan lain-lain. Dan ketika keinginan, ekspektasi, kebutuhan, tuntutan, syarat itu TAK TERPENUHI, kata inilah yang dipakai.

Misalnya, ketika sobat santap malam dan rasa lapar sobat belum terpenuhi atau belum terpuaskan, itu artinya “Your hunger was unsatisfied.” Atau ketika sobat merasa penasaran terhadap sesuatu, dan tidak terpenuhi atau tidak terpuaskan, itu artinya “Your curiosity was unsatisfied.”

Kalau sobat mengatakan,”Even after a big dinner, I felt unsatisfied” itu tidak berarti sobat kecewa atau tidak puas dengan makanannya, tetapi rasa lapar sobat belum terpuaskan.

  • The market demand for fresh fruit is unsatisfied. – Permintaan pasar akan buah segar tidak terpenuhi.
  • You can’t blame others for your unsatisfied expectations. – Kamu tidak bisa menyalahkan orang lain atas ekspektasimu yang tak terpenuhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *