Different vs Distinct vs Distinctive: Apa Sih Bedanya?

By | October 21, 2016

Sobat pembaca setia englishforsma.com, topik bahasan kali ini adalah tiga kata sifat yang mempunyai kedekatan makna: differentdistinct, dan distinctive. Ketiga ajektiva ini sama-sama bisa berarti berbeda, lepas dari fakta bahwa kata distinct juga mempunyai banyak makna lain. Meskipun bisa sama-sama berarti berbeda, konotasi makna yang terkandung dalam masing-masing kata sebenarnya berbeda. Mari kita bahas satu per satu.

DIFFERENT

Kata ini berarti berbeda dalam pengertian tidak sama dengan yang lain. Ketika sobat membandingkan – secara explisit maupun implisit – satu hal dengan hal lain, dan sobat melihat bahwa dua hal itu tidak sama, sobat bisa mengatakan dua hal itu different.

Dalam kata ini terkandung pengertian bahwa ketika sobat melihat bahwa sesuatu atau seseorang berbeda dibandingkan dengan apapun itu, sobat TIDAK BISA dengan mudah dan segera bisa tahu bedanya di mana. Indera sobat tidak bisa menangkap dengan jelas dan segera hal-hal yang secara khas membedakannya dari yang lain.

  • I have three different rooms. – Saya punya tiga kamar yang berbeda. Sobat sekedar mengatakan bahwa tiga kamar itu tidak sama.
  • She is different now that she has been to college. – Dia berbeda semenjak dia masuk perguruan tinggi. Sobat bisa merasakan memang ada yang berbeda dengan dia, tetapi tidak bisa dengan segera dan langsung menangkap hal apa yang membuatnya berbeda.
  • We live in the same town, but we go to different schools. – Kami tinggal di kota yang sama, tetapi kami pergi ke sekolah yang berbeda. Sobat hanya sekedar mengatakan sekolah yang tidak sama.

DISTINCT

Longman Language Activator (hal. 297) dengan jelas mendefinisikan kata ini sebagai “dengan jelas berbeda dari yang lain yang berasal dari JENIS yang sama. Artinya, sesuatu disebut ‘distinct’ dari sesuatu yang lain jika keduanya secara umum mengacu pada jenis hal/obyek/benda yang sama, tetapi mempunyai perbedaan yang jelas, mudah dan segera dikenali, dan penting. Ketika dua atau tiga hal berasal dari jenis yang sama itu ‘distinct’, mereka secara jelas berbeda satu sama lain.

  • I just bought two houses with distinct widow’s walks. – Saya baru saja membeli rumah dengan widow’s walk (struktur di atas atap) yang secara jelas berbeda satu sama lain. Sobat membandingkan hal yang sama – yaitu widow’s walk – dan keduanya secara jelas berbeda satu sama lain.
  • The Leopard and the Jaguar are closely related, but the two big cats are distinct in the shapes and sizes of the head. – Macan tutul dan Jaguar masih kerabat dekat, tetapi secara jelas berbeda dalam hal bentuk dan ukuran kepala. Di sini, dua hal yang kurang lebih sama dibandingkan – yakni bentuk dan ukuran kepala, dan keduanya secara jelas berbeda.

Jadi, ketika sobat dengan cepat menangkap dengan indera penglihatan bahwa dua, tiga, atau empat hal tersebut berbeda secara jelas satu sama lain karena masing-masing memiliki fitur-fitur khas, mereka berbeda dalam pengertian distinct.

DISTINCTIVE

Longman Language Activator (hal. 296) secara jelas menyebutkan bahwa distinctive berarti “completely different from ANYONE OR ANYTHING ELSE’. Artinya, kata ini berarti sepenuhnya berbeda dalam pengertian berbeda secara khas dibandingkan apapun yang lain karena sesuatu itu mempunyai sesuatu yang khusus. Jadi, seolah-olah sobat sedang membandingkan satu hal dengan apapun yang lain.

Ketika sobat masuk rumah dan indera penciuman sobat bisa mengenali dengan cepat bau gas yang bocor (karena baunya memang khas), bau gas itu disebut distinctive, berbeda secara khas. Ketika mencium bau gas itu, sobat tidak berpikir lagi tentang hal lain kecuali gas. Sobat dengan serta merta bisa mengenali bau gas itu.

Coba perhatikan kalimat-kalimat berikut:

  • Liquefied Petroleum Gas or LPG has a distinctive odour. – LPG mempunyai bau yang khas.
  • Chrisye was the best singer ever. He had a distinctive voice. – Chrisye adalah penyanyi terbaik. Ia mempunyai suara yang khas (berbeda dengan penyanyi-penyanyi lain). Ketika sobat mendengar suaranya, sobat langsung bisa mengenali.
  • This TV set has two distinctive features. – TV ini mempunyai dua fitur yang khas (berbeda dari TV manapun; fiturnya tidak dimiliki televisi-televisi yang lain)

2 thoughts on “Different vs Distinct vs Distinctive: Apa Sih Bedanya?

  1. Diah

    Wow…thanks for the explanation. Your site is very helpful but I just can’t subscribe to it.

    Reply
    1. Admin Post author

      Hi Diah .. Thanks for dropping by … Now you can subscribe … Take a moment to fill out the email subscribers form on the sidebar ..

      Cheers

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *