Device, Apparatus, Appliance, Instrument

By | December 14, 2015

Sobat pembaca, sebelumnya sudah kita bahas perbedaan antara device dan tool. Dan dalam pembahasan sebelumnya, kita tahu bahwa device adalah alat yang memang diciptakan untuk melakukan fungsi tertentu. Kita bisa membayangkan device sebagai sesuatu yang di dalamnya ada semacam mekanisme yang membuatnya berfungsi sebagaimana dikehendaki pembuatnya.

Flashdisk, USB, dan compass, misalnya, adalah contoh device. Kita bisa membayangkan di dalam tiga benda itu ada semacam mekanisme yang memungkinkan benda-benda itu berfungsi. Dan kali ini, kita kembali membahas kata device dan membandingkannya dengan tiga kata lain dengan makna yang kurang lebih sama: apparatus, appliance, instrument.

APPARATUS

Kata ini mempunyai makna yang kurang lebih sama dengan equipment, yakni sekumpulan alat yang digunakan untuk tujuan atau aktivitas tertentu, dan dalam banyak hal apparatus dan equipment bisa saling menggantikan.  Fire-fighting apparatus dan gymnastic apparatus, misalnya, masing-masing mengacu pada sekumpulan alat pemadam kebakaran dan  peralatan yang dipakai di gym atau tempat fitness. Kata apparatus dalam masing-masing frase tersebut bisa diganti dengan kata equipment.

Perbedaannya, equipment mempunyai cakupan penggunaan lebih luas dan umum. Equipment bisa digunakan dalam konteks apapun, sementara kata ini cenderung digunakan dalam konteks tertentu, terutama konteks ilmiah dan teknis. Maka, untuk mengatakan peralatan tenis, misalnya, penutur asli lebih cenderung menggunakan frase tennis equipment, BUKAN tennis apparatus.

APPLIANCE

Secara teknis appliance adalah device. Secara khusus, kata appliance  mengacu pada  device yang digunakan sebagai alat-alat rumah tangga seperti hair dryer, rice cooker, freezer, toaster, blender, dishwasher, washing machine, vacuum cleaner, yang menggunakan tenaga listrik atau batrei. Semua ini memang masuk kategori device karena alat-alat rumah tangga yang disebutkan barusan dibuat untuk fungsi tertentu.

INSTRUMENT

Sama seperti appliance, instrument secara teknis bisa berupa device atau tool. Sekarang ini, kata instrument secara khusus mengacu pada device atau tool yang digunakan untuk melakukan pengukuran. Beberapa contoh instrument  adalah speedometer, barometer, thermometer, scale, electricity meter, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *