Desert vs Dessert: Pahami Bedanya!

By | April 9, 2018

Dua kata yang kita bahas kali ini, desert dan dessert, memang kadang-kadang membingungkan, meskipun keduanya tidak ada kemiripan makna. Itu karena kedua kata tersebut sepintas tampak sama, hanya dibedakan satu huruf ‘s’ saja. Kata pertama bisa berfungsi sebagai nomina dan verba, dan kata kedua berfungsi hanya sebagai nomina. Dari sisi makna, jelas berbeda. Mari kita bahas masing-masing kata.

DESERT

Kata ini, sebagaimana disebutkan sebelumnya, bisa berfungsi sebagai nomina maupun verba. Kamus online Collins Dictionary mendefinisikan kata ini sebagai “a large area of land, usually in a hot region, where there is almost no water, rain, trees, or plants“. Definisi ini merujuk pada apa yang dalam bahasa Indonesia disebut padang gurun. Sobat perhatikan bahwa kata ini sebagai nomina dilafalkan dezəʳt.

Sebagai verba, kata ini oleh kamus yang sama didefinisikan sebagai “go away, leave, and no longer help or support” – pergi menjauh, meninggalkan, dan tidak lagi membantu atau mendukung. Jadi, kata ini hampir sama maknanya dengan leave atau abandon. Hanya saja, kata ini tidak lazim digunakan dengan tempat, karena umumnya kata ini dipakai dengan obyek orang. Kalau seseorang meninggalkan sobat dalam arti desert, orang itu meninggalkan sobat dan tidak lagi membantu atau mendukung sobat. Padahal, biasanya Anda bergantung atau mengandalkan orang itu. Itulah makna kata ini sebagai verba.

DESSERT

Kata ini hanya dibedakan oleh satu huruf ‘s’ dari kata sebelumnya. Kamus online mendefinisikan kata ini sebagai “something sweet, such as fruit or a pudding, that you eat at the end of a meal” – sesuatu yang manis, semacam buah atau puding, yang Anda santap setelah selesai makan.”  Jadi, kata ini merujuk pada makanan penutup. Tetapi, mesti diingat, makana penutup itu haruslah sesuatu yang manis. Sobat perhatikan bahwa kata dessert dilafalkan dɪzɜːʳt.

Berikut adalah contoh-contoh makanan penutup: dadar gulung dari Indonesia, Baklava dari Turki, es krim Gelato dari Itali, Picarones dari Peru, kue Tarta de Santiago dari Spanyol, Mochi dari Jepang, Banofee pie dari Inggris, waffle dari Belgia, Gulab Jamun dari India, kue Lamingtons dari Australia, dan masih banyak lagi.

Semoga membantu.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *