Cut vs Trim

By | February 16, 2016

Cut dan trim bisa berfungsi sebagai kata kerja (verb) maupun kata benda (noun) tanpa mengalami perubahan bentuk. Sebenarnya baik cut maupun trim mengacu pada aktivitas yang sama, yakni memotong. Perbedaannya ada pada tujuan dan jumlah yang dipotong.

Kata cut adalah kata yang maknanya paling luas dan paling umum. Ketika sobat pembaca membagi atau membuat sesuatu menjadi lebih kecil menggunakan alat yang tajam seperti pisau, gunting atau alat-alat lain, itulah makna cut atau memotong. Sobat pasti ingat bahasan kita tentang slice, chop, mince, dice. Semua kata kerja tersebut termasuk jenis-jenis kegiatan memotong.

Demikian juga dengan trim. Kata ini juga merupakan jenis kegiatan memotong. Trim berarti memotong sedikit-sedikit dengan tujuan membuat sesuatu lebih rapi. Memotong kumis, misalnya. Kata ini adalah kata yang tepat untuk digunakan. Atau ketika sobat ingin merapikan tanaman hias sobat. Mungkin ada ranting-ranting yang perlu dipotong sedikit supaya rapi. Kata trim adalah kata yang tepat untuk konteks ini.

Kalau kebetulan sobat pergi ke salon rambut, dan ingin sekedar merapikan rambut tanpa merubah gaya (dan itu artinya hanya sedikit saja yang dipotong, paling banyak 1/4 inci), sobat juga bisa menggunakan kata ini. “Just give me a trim” adalah ungkapan yang biasanya digunakan untuk memberitahu tukang potong rambut bahwa Anda hanya ingin merapikan rambut saja, tanpa mengubah gaya potongan rambut.

Sobat juga bisa trim the lawn, artinya memotong rumput halaman rumah dengan tujuan merapikan permukaannya supaya tampak rata dengan menggunakan gunting rumput, sebuah aktivitas yang tidak mungkin dilakukan dengan mesin pemotong rumput atau lawn mower.

Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *