Site icon englishforsma.com

Heal vs Cure

Sobat pembaca pasti sudah pernah mendengar lagu ‘Heal the World’ yang dinyanyikan almarhum Michael Jackson. Lagu yang sangat terkenal di seluruh dunia ini berisi ajakan untuk ‘menyembuhkan’ dunia yang dianggap sedang ‘sakit’. Tapi kenapa yang digunakan kata ‘heal‘ bukan ‘cure‘?

HEAL

Kata ini lebih lazim digunakan dalam konteks non-medis. Ketika seorang yang dianggap dituakan atau ‘pintar’ menyembuhkan penyakit fisik atau non-fisik menggunakan cara/metode atau sarana obat-obatan non-medis, kata inilah yang dipakai. Itulah sebabnya, seseorang yang dianggap mempunyai kekuatan menyembuhkan dengan cara ini biasa disebut healer.

Dalam lagunya itu, Michael Jackson juga menggunakan kata ini karena konteksnya jelas non-medis, dan tentu figurative, artinya dunia dikatakan sakit dalam arti kiasan. Itulah sebabnya ia menggunakan kata heal.

Juga ketika seseorang menderita sakit mental akibat stres, depresi, atau gangguan mental lain, dan ada seseorang berhasil menyembuhkannya, dan kemudian ia menjadi sembuh, kata inilah yang digunakan.

Kata ini juga bisa berfungsi sebagai kata kerja intransitive, yakni kata kerja yang tidak membutuhkan obyek. Artinya, kata heal juga bisa berarti sembuh.

Heal juga dipakai dalam konteks luka fisik (wound) atau cedera (injury), atau memar (bruise), dan sejenisnya.

Kata ini juga digunakan dalam konteks yang jauh lebih luas daripada cure. Ketika seseorang menderita kanker, dan kemudian sembuh, he has been cured of cancer. Tetapi, ketika seseorang menderita kanker, ia tidak hanya secara medis menderita, tetapi juga secara mental dan spiritual. Nah, kata heal dipakai untuk merujuk pada proses penyembuhan keseluruhan dirinya, menyangkut fisik, mental, dan spiritual.

CURE

Menurut http://www.merriam-webster.com/dictionary/cure, kata ini berarti ‘the act of making someone healthy again after an ilness’, tindakan membuat seseorang sehat kembali setelah menderita penyakit. Tentu, upaya penyembuhan dilakukan melibatkan perawatan dan obat-obatan medis.

Jelas, kata ini digunakan dalam konteks medis. Cure dalam konteks ini lazimnya berfungsi sebagai kata kerja transitive, yakni kata kerja yang membutuhkan obyek. Maka, kata ini hanya bisa diartikan menyembuhkan, bukan sembuh. Kata ini TIDAK BISA digunakan dalam konteks di luar medis seperti  halnya heal.

Exit mobile version