Could You Pass Me the Hand Sauce, Please?

By | June 19, 2018

Suatu kali, dalam sebuah acara santap malam bersama, seorang teman dari Amerika Serikat meminta seorang teman lain, orang Indonesia, yang duduk di sebelah kiri saya,”Could you pass me the hand sauce, please?” Teman saya agak bingung,”Hand sauce?” Teman dari Amerika itu menunjuk pada sebotol kecil cairan pembersih tangan di depan sambil mengatakan,”That one.” Rupanya dia minta diambilkan hand sanitizer, cairan yang biasa dipakai untuk membersihkan tangan sebelum makan sebagai pengganti sabun.

Frasa hand sanitizer rupanya mempunyai istilah slang juga. Kamus slang online Urban Dictionary menyebutkan bahwa frasa hand sauce berarti hand sanitizer. Tidak ada penjelasan yang pasti tentang alasan kenapa kata sauce yang dipilih. Barangkali karena sama-sama berupa cairan kental. Dan mungkin saja istilah itu muncul begitu saja, seperti halnya kata-kata dalam bahasa seringkali muncul secara arbitrary atau sembarang, ketika seseorang melihat cairan hand sanitizer dan kemudian mengasosiasikannya dengan sauce.

Istilah ini rupanya belum secara resmi dimasukkan ke dalam kamus, kecuali termuat dalam kamus slang online sebagaimana disebutkan di atas. Oleh sebab itu, kata ini digunakan dalam konteks sangat terbatas, yakni dalam situasi sangat tidak formal. Barangkali penutur asli generasi tua tidak atau belum akrab dengan istilah ini, meskipun tentu saja tidak menutup kemungkinan suatu saat frasa tak resmi ini akan menjadi sangat populer dan diadopsi secara resmi ke dalam kamus. Jadi, sobat mesti hati-hati menggunakan istilah ini.

Entah kenapa juga seorang teman yang masih muda dari Amerika Serikat ini menggunakan kata hand sauce dalam situasi di atas. Mungkin karena dia sudah biasa menggunakan istilah itu dan ingin memperkenalkannya pada yang lain. Entahlah. Padahal mestinya dia tahu istilah itu belum umum dipakai, apalagi dalam kesempatan itu ada non-native speaker.

Berikut adalah contoh-contoh kalimat menggunakan frasa tersebut:

  • Could you pass me the hand sauce, bro? – Tolong ambilkan hand sanitizer-nya, kawan.
  • Can you get me a small bottle of hand sauce while you’re in the shop? – Tolong belikan saya satu botol hand sanitizer pas kamu di toko nanti.
Author: Admin

Hi, I am Widi. I am an English teacher, blogger, translator, workshop facilitator, writing addict, and photography enthusiast, living in Yogyakarta. I teach, I write, therefore I am.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *