Cool vs Cold

By | June 28, 2016

Dua kata yang kita bahas kali ini, sobat pembaca, termasuk dalam kategori kata sifat (adjective). Meskipun masing-masing mempunyai beberapa arti yang berbeda satu sama lain, kedua kata sifat ini memang mempunyai kedekatan makna dalam kaitannya dengan temperatur. Meskipun demikian, keduanya tidak bisa dipertukarkan karena masing-masing kata membawa nuansa makna sendiri. Mari kita bahas satu per satu.

COOL

Kata ini lebih tepat diartikan ‘sejuk’ dalam bahasa Indonesia, dan sering dipakai untuk menjelaskan cuaca, air, udara, angin, hari, ruangan, dan lain-lain.  Tentu ada unsur dingin di dalamnya, tetapi bukan ‘dingin’ seperti dinginnya es, misalnya. Kalau sobat pernah pergi ke daerah pegunungan dan merasakan udara sejuk, sedikit dingin dan menyegarkan, itulah makna kata ini.

Kamus http://www.thefreedictionary.com/cool menyebutkan bahwa kata ini berarti agak dingin dan segar (fresh) Jadi, kata ini memang merujuk pada temperatur yang cenderung rendah tetapi tidak sangat rendah. Bukan dingin yang menggigit tulang.

Kalau sobat berbicara tentang minuman, yang dimaksud cool adalah ketika minuman tidak terasa hangat atau panas, tetapi tidak dalam pengertian dingin seperti minuman yang keluar dari lemari es. Ketika segelas teh cukup dingin untuk diminum, kata cool – bukan cold – digunakan: This tea is cool enough to drink. Penutur asli tidak pernah mengatakan this tea is cold enough to drink (X).

  • It’s a nice cool morning. It’s so refreshing. – Ini pagi yang sejuk. Begitu menyegarkan.
  • Can you get me some cool drinks, please? – Tolong ambilkan minuman agak dingin?
  • Turn on the air conditioner if you want to make this room cooler. – HIdupkan AC nya jika kamu ingin membuat ruangan ini lebih sejuk.

COLD

Kata ini berarti dingin. Kalau kita berbicara tentang udara, cuaca, atau air, yang dimaksud cold adalah dingin dalam pengertian lebih dingin dari cool. Kalau sobat berada di ruangan ber AC dan sobat menggigil kedinginan, udara yang keluar dari pendingin udara itu bukan lagi cool, tetapi cold. Sobat tidak merasakan udara yang menyegarkan, tetapi udara yang membuat badan mengigil dan tidak nyaman.

Kalau sobat berbicara tentang ‘cold drink’ tentu yang dimaksud adalah minuman yang lama disimpan di lemari es, atau minuman yang dingin karena dicampur es.

  • I have to go inside. I can’t stand this cold weather. – Saya harus masuk ke dalam. Saya tidak tahan dengan cuaca dingin ini.
  • As I opened the door, cold air rushed in. – Ketika saya membuka pintu, udara dingin menerobos masuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *