Perbedaan Competition dan Contest

By | March 13, 2016

Sobat pembaca barangkali pernah bertanya-tanya, apa sebenarnya perbedaan antara competition dan contest? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita bisa merujuk pada Longman Language Activator, yang secara jelas menunjukkan perbedaan sekaligus persamaan antara dua kata ini.

Baik competition maupun contest bisa diartikan perlombaan karena peserta memang berlomba untuk menjadi pemenang. Sobat pembaca mesti pahami juga bahwa dalam praktik keseharian dua kata itu kadang-kadang saling menggantikan, meskipun jenis kegiatan yang dilombakan sama.

Kalau sobat coba search di google, sobat akan menemukan drinking competition dan drinking contest, writing competition dan writing contest, singing competition dan singing contest. Lalu, apa sebenarnya perbedaan – atau bahkan persamaan – kedua kata ini?

COMPETITION

Competition berasal dari kata kerja compete, yang berarti bersaing. Dalam arti umum, competition memang berarti persaingan. Dalam kalimat berikut ini, misalnya, kata competition bermakna umum, dan bukan berarti perlombaan sebagai sebuah ajang yang dengan sengaja diselenggarakan.

  • Whether competition is necessary in a learning process is a debatable issue. – Apakah persaingan itu perlu dalam proses belajar adalah hal yang bisa diperdebatkan.

Tentu dalam konteks kalimat di atas, competition tidak bisa digantikan oleh contest. Bagaimana dengan competition dalam arti lomba atau perlombaan? Menurut Longman Language Activator, competition didefinisikan sebagai “an organized event in which people try to do an activity or sport better than other people, especially in order to win a prize.”

Jadi, jenis kegiatan yang dilombakan bisa apa saja, tergantung yang mengadakan, baik olah raga maupun non olah raga. Menari, menulis, berpidato, menggambar, mewarnai, pencak silat, basket, atau bahkan minum. Semua ini bisa dilombakan. Maka ada dancing competition, writing competition, speech competition, drawing competition, basketball competition, pencak silat competition, dan lain-lain.

CONTEST

Longman Language Activator mendefinisikan contest sebagai “A competition in which a person or team does an activity, and a group of judges decide which of them is the best.” Menurut definisi ini, contest adalah sebuah bentuk competition.

Tetapi, menurut definisi tersebut, sebuah contest tidak pernah melombakan olah raga. Jadi, tidak pernah ada basketball contest (X). Yang ada basketball competition. Juga tidak pernah ada pencak silat contest (X). Yang ada pencak silat competition.

Selain itu, sebuah contest – menurut definisi tersebutselalu melibatkan sekelompok juri yang berhak memutuskan siapa yang layak keluar sebagai pemenang. Persoalannya, dalam praktik keseharian, ada juga lomba yang melibatkan juri, tetapi toh juga disebut competition (misalnya, speech competition – yang pasti melibatkan juri). Jadi, bagaimana?

KESIMPULAN

Competition adalah kata yang memiliki cakupan makna lebih luas daripada contest. Semua contest adalah competition, tetapi tidak semua competition adalah contest. Dalam konteks perlombaan, competition mencakup lomba yang melibatkan juri maupun lomba yang tidak melibatkan juri.

Untuk lomba-lomba yang melibatkan juri, sobat bisa menggunakan kata competition maupun contest. Dua-duanya benar: writing competition/contest, speech competition/contest, dance competition/contest, singing competition/contest, dan lain-lain.

Tetapi, untuk lomba yang tidak melibatkan juri, artinya pemenang didasarkan pada hasil obyektif menang kalah, BUKAN didasarkan penilaian juri, sobat pembaca hanya bisa menggunakan kata competition. Misalnya, crossword puzzle competition, chess competition, wrestling competition, basketball competition, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *