Compare vs Contrast: Apa Bedanya?

By | March 12, 2020

Compare and contrast adalah satu dari sembilan strategi pengajaran yang menurut riset Marzano paling efektif untuk digunakan di kelas. Bahkan Marzano menempatkan strategi ini di urutan pertama. Sembilan strategi paling efektif ini termuat dalam buku Marzano berjudul Classroom Instruction that Works terbit tahun 2001. Bentuk yang paling lazim dari compare and contrast adalah mengidentifikasi perbedaan dan persamaan.

Nah, frasa ini juga digunakan untuk menyebut jenis esai, yakni ‘compare/contrast essay‘. Secara umum, dalam konteks esai, yang dimaksud compare adalah menemukan persamaan dua atau lebih hal, sementara contrast berarti menemukan perbedaan. Tetapi, beberapa kamus memberikan definisi yang berbeda-beda. Mari kita bahas masing-masing kata.

COMPARE

Verba ini diartikan ‘membandingkan’ dalam bahasa Indonesia. Kamus online Cambridge Dictionary menyebutkan bahwa verba ini berarti “to examine or look for the difference between two or more things – meneliti atau mencari perbedaan antara dua atau lebih hal”. Definisi kamus Cambridge tersebut bertolak belakang dengan batasan makna kata ini dalam konteks jenis esai sebagaimana dijelaskan di atas.

Sementara kamus online Merriam Webster dan Collins Dictionary memberikan definisi sedikit berbeda. Kedua kamus memasukkan unsur persamaan dalam definisi yang diberikan. Dengan kata lain, kedua kamus American English ini mengartikan compare sebagai ‘menemukan perbedaan atau persamaan antara dua atau lebih hal’.

CONTRAST

Verba ini juga diartikan membandingkan dalam bahasa Indonesia. Kata kerja ini menurut kamus online Cambridge Dictionary berarti “to compare two people or things in order to show the differences between them – membandingkan dua orang atau hal untuk menunjukkan perbedaan antara orang atau hal-hal tersebut”. Kamus online Merriam Webster berarti “compare or appraise in respect to differences – membandingkan atau menilai terkait perbedaan”.

Dari dua kamus online tersebut bisa ditarik kesimpulan bahwa verba contrast hanya bergayutan dengan perbedaan, dan sama sekali tidak ada kaitannya dengan persamaan.

KESIMPULAN

Dalam konteks jenis dan esai, perbedaan makna kedua verba ini sangat tegas. Compare hanya terkait persamaan, sementara contrast terkait perbedaan. Dalam penggunaan umum, verba compare mempunyai makna lebih luas daripada contrast. Kata compare melibatkan perbedaan atau persamaan, sementara contrast hanya melibatkan perbedaan saja.

Author: Admin

Hi, I am Widi. I am an English teacher, blogger, translator, workshop facilitator, writing addict, and photography enthusiast, living in Yogyakarta. I teach, I write, therefore I am.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *