College vs University: Apa Sih Bedanya?

By | June 4, 2017

Sobat pembaca, kali ini kita akan membahas dua nomina yang sering membingungkan: college dan university. Memang membingungkan, karena keduanya sama-sama merujuk pada pendidikan tinggi pasca SMA. Tetapi dalam konteks program dan gelar yang ditawarkan ada perbedaan mendasar di antara keduanya. Mari kita bahas satu per satu.

COLLEGE

Kata ini mempunyai pengertian berbeda-beda tergantung negaranya. Di Inggris, kata ini digunakan untuk menyebut institusi pendidikan tinggi yang memberikan layanan program belajar dengan level di atas SMA.. Lazimnya, program dirancang untuk mempersiapkan murid SMA untuk belajar di universitas, ATAU mempersiapkan mereka untuk mendapatkan kualifikasi vokasi.

Untuk bisa belajar di sebuah college, sobat tidak harus menyelesaikan dulu pendidikan menengah (SMA). Sobat bisa mengikuti program studi di situ sementara sobat masih duduk di SMA. Keuntungannya, begitu sobat lulus dari SMA, sobat sudah siap untuk masuk universitas (university). Dalam hal ini, institusi pendidikan yang disebut college bisa berdiri sendiri terpisah dari sebuah universitas  atau bisa juga menjadi bagian dari universitas.

Kadang-kadang, kata ini juga digunakan untuk menyebut unit-unit lebih kecil dalam sebuah universitas yang memiliki wewenang terbatas dalam pengelolaan adminsitrasi maupun proses pembelajarannya. Kiranya, ini sama dengan konsep fakultas yang biasa digunakan di Indonesia. Nah, yang menarik adalah kata ini ternyata juga digunakan untuk menyebut bagian dari universitas yang menyediakan akomodasi dan fasilitas lain, dan tidak menyelenggarakan pembelajaran.

Di Amerika Serikat, kata ini biasa digunakan untuk secara umum menyebut institusi pendidikan tinggi pasca SMA, dan dalam hal ini bisa dipertukarkan dengan kata university. Frasa college students, misalnya, biasa digunakan untuk menyebut mahasiswa. Meskipun demikian, keduanya berbeda dalam hal variasi program dan gelar yang ditawarkan. College hanya menawarkan program studi setingkat S1 (undergradate), atau kadang-kadang setingkat D2 atau D3, yang kemudian bisa ditransfer ke program studi undergraduate 4 tahun di universitas.

Di Kanada, kata ini selalu dipakai untuk menyebut pendidikan tinggi vokasi, teknik, seni, dan sains. Di Indonesia, barangkali bisa disandingkan dengan sekolah-sekolah atau akademi yang menawarkan program-program studi komputer, teknik mesin, atau seni.

UNIVERSITY

Kata ini diartikan universitas, dan kata ini selalu merujuk pada insitutusi pendidikan tinggi independen yang menawarkan program studi yang jauh lebih variatif daripada college pada tingkat undergraduate (S1), graduate (S2), dan postgraduate (S3). Jadi, dari segi ukuran, universitas jauh lebih besar.

Supaya lebih jelas, mari kita bandingkan Harvard University dan Harvard College. Harvard University adalah sebutan untuk institusi induk, yang di dalamnya MENCAKUP Harvard College yang hanya menawarkan program studi undergraduate (S1), ditambah fakultas-fakultas setingkat graduate (S2) dan postgraduate (S3). Meskipun bagian dari Harvard University, Harvard College dan fakultas-fakultas ini secara independen mengelola kantor admisi, pembelajaran, dan riset sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *