Cloth vs Clothes vs Clothing: Perbedaan

By | February 19, 2017

Sobat pembaca, kali ini kita akan bahas 3 nomina yang sekilas tampak mirip tetapi mempunyai arti berbeda: cloth, clothes, dan clothing. Karena kemiripannya ini banyak pembelajar bahasa Inggris menganggap tiga kata itu membingungkan.

CLOTH

Kata ini berarti kain pada umumnya sebagai materi atau bahan pakaian atau bentuk-bentuk produk lain. Dalam pengertian ini, kata cloth berfungsi sebagai kata benda tak bisa dihitung. Kata ini juga bisa berfungsi sebagai kata benda bisa dihitung, dan biasanya digunakan untuk menyebut sepotong kain sebagai sebuah produk jadi yang dibuat untuk tujuan tertentu. Untuk penjelasan lengkap tentang kata ini silakan klik di sini.

CLOTHES

Kata ini selalu dalam bentuk jamak, dan tidak punya bentuk singular. Kata ini berarti pakaian yang sobat kenakan, apapun itu, entah kemeja, gaun, rok, kaos, jumper, jaket, jas, celana pendek, celana panjang, pakaian dalam, dan lain-lain. Itu semua adalah jenis-jenis clothes.

Jadi, ketika sobat menggunakan kata ini, sobat bayangkan saja pakaian yang sobat kenakan, siap kenakan, atau akan kenakan, BUKAN pakaian secara umum sebagai keseluruhan atau satu kesatuan. Maksudnya begini, kalau sobat hendak bepergian, dan sobat menyiapkan beberapa potong pakaian dalam kopor, yang ada dalam benak sobat tentu adalah pakaian tertentu yang sobat hendak pakai nantinya, BUKAN pakaian secara umum dan tak jelas yang mana.

Begitu juga kalau sobat hendak membeli pakaian di toko. Tentu yang ada dalam benak sobat adalah sepotong atau beberapa potong pakaian tertentu, bukan pakaian secara keseluruhan.

Perhatikan beberapa contoh kalimat berikut:

  • There is a heap of clothes in the corner of his room. – Ada setumpuk pakaian di sudut kamarnya.
  • If you need to buy a nice suit, you can go to the clothes shop near the gas station. – Jika kamu perlu beli jas, kamu bisa pergi ke toko pakaian dekat SPBU.
  • I prefer to wear casual clothes. – Saya lebih suka mengenakan pakaian kasual.

CLOTHING

Kata ini juga berarti pakaian. Tetapi, kata ini terdengar lebih formal dari kata clothes. Kata clothing termasuk dalam kategori mass noun, yang biasa disebut kata benda yang tidak bisa dihitung. Kalau sobat menggunakan kata ini, sobat bayangkan sejumlah besar pakaian yang dianggap sebagai KESELURUHAN ATAU SATU KESATUAN, dan bukan merujuk pada satu, dua atau beberapa potong pakaian tertentu.

Misalnya, ketika terjadi gempa, selalu ada gerakan masyarakat yang mengumpulkan pakaian dan mendonasikannya. Pakaian yang terkumpul dan kemudian didonasikan ini lazimnya disebut donated clothing. Nah, kata ini digunakan dalam konteks seperti ini karena ia merujuk pada sejumlah besar pakaian yang dianggap sebagai satu kesatuan atau keseluruhan.

Selain itu, kata ini juga bisa digunakan untuk menyebut satu potong pakaian yang mempunyai fungsi atau tujuan tertentu, atau pakaian yang dipakai dalam situasi tertentu, misalnya workout clothing, running clothing, exercise clothing, protective clothing, yoga clothing, fitness clothing, dan lain-lain.

  • I worked in a clothing factory in Tangerang for 2 years. – Saya bekerja di sebuah pabrik pakaian di Tangerang selama 2 tahun.
  • They donated food and clothing. – Mereka mendonasikan makanan dan pakaian.
  • You need to wear loose and comfortable clothing for yoga exercise. – Kamu membutuhkan pakaian longgar dan nyaman untuk latihan yoga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *