Climbing up to the Widow’s Walk

By | September 12, 2016

Di rumah-rumah tepi pantai di Amerika Utara sering kali dilengkapi dengan sebuah struktur di atas atap rumah yang disebut widow’s walk. Sobat pasti bertanya-tanya, apa sih itu, dan kenapa juga namanya pakai widow, yang artinya janda. Nah, daripada sobat penasaran, langsung kita tengok saja gambar di bawah ini, yang diambil dari https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/6/6f/Widow’s_Walk.jpg.

widows-walk

Sobat bisa melihat dalam gambar struktur berpagar yang  berada di atas atap rumah. Itulah yang disebut widow’s walk. Karena letaknya di atas atap, dan struktur ini sering dijumpai di rumah-rumah di pesisir, konon katanya struktur ini dipakai untuk mengamati kapal-kapal yang datang hendak berlabuh. Kamus online http://www.merriam-webster.com/dictionary/widow’s%20walk juga menjelaskan fungsi pengamatan dari struktur ini.Kamus ini menyebutkan bahwa widow’s walk adalah “a railed observation platform atop a usually coastal house”.

Lalu, nama struktur bangunan itu didapat dari mana? Ada legenda di balik nama widow’s walk. Katanya, nama ini diambil dari istri para perwira angkatan laut yang menggunakan struktur ini sebagai tempat untuk menunggu dengan cemas kedatangan suami mereka kembali ke pelabuhan setelah berminggu-minggu lamanya pergi. Dan sering kali penantian mereka sia-sia karena sang suami tak kunjung pulang karena gugur dalam tugas, dan meninggalkan para istri menjadi janda.

Tentu itu hanya cerita yang oleh banyak ahli sejarah diragukan kebenarannya karena tidak ada atau minim bukti sejarah. Saat ini, para ahli sepakat bahwa fungsi utama struktur ini terkait dengan cerobong asap. Dan memang, seperti juga terlihat dalam gambar di atas, struktur ini berada di dekat cerobong asap. Jadi, struktur ini sengaja dibangun supaya pemilik rumah bisa dengan mudah memasukkan pasir lewat lobang cerobong asap, yang terhubung dengan perapian penghangat ruangan, jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran.

Lalu, bagaimana dengan rumah yang tak ada cerobong asapnya? Kebetulan saya pernah menonton sebuah video menarik tentang rumah pohon atau treehouse. Di situ dijelaskan juga soal struktur ini meskipun tak ada cerobong asap. Sang narator tetap menyebut struktur ini widow’s walk, lepas dari fungsinya yang tentu tak ada hubungannya dengan chimney.

Referensi:

http://www.merriam-webster.com/dictionary/widow’s%20walk

A short history of the widow’s walk, a forlorn feature of coastal New England architecture

Author: Admin

Hi, I am Widi. I am an English teacher, blogger, translator, workshop facilitator, writing addict, and photography enthusiast, living in Yogyakarta. I teach, I write, therefore I am.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *