Classic vs Classical: Beda atau Sama?

By | March 4, 2017

Sobat pembaca, kali ini kita akan bahas dua kata sifat yang sama-sama diartikan klasik dalam bahasa Indonesia, classic dan classical. Keduanya termasuk dalam kategori ajektiva, dan sekilas terlihat serupa karena mempunyai akar kata yang sama, yakni class, tapi berlainan makna. Mari kita bahas masing-masing kata.

CLASSIC

Sebuah situs Daily Writing Tips menyebutkan bahwa kata ini berarti “of recognized value” – memiliki nilai yang diakui, atau “enduring” – abadi. Merujuk pada makna yang diberikan, kita bisa menyimpulkan bahwa kata ini biasa digunakan untuk mendeskripsikan sesuatu yang diakui memiliki kualitas tinggi dan tak lekang jaman.

Sebuah novel lawas yang dinilai bermutu dan tak lekang zaman, misalnya Gone with the Wind, bisa disebut dengan kata ini. Mobil lawas yang dianggap mempunyai standar kualitas tinggi dan tetap digemari hingga sekarang sebagai karya sepanjang masa  bisa juga disebut dengan kata ini. Atau, sebuah lagu lawas yang dinilai bermutu dan masih digemari hingga sekarang sehingga menjadi karya abadi bisa dideskripsikan dengan kata ini.

  • Gone with the wind is a classic novel. – Gone with the wind adalah novel klasik.
  • He collects classic cars including 1966 Shelby 427 Cobra and 1961 Jaguar E-Type. – Dia mengoleksi mobil-mobil klasik termasuk Shelby 427  Cobra tahun 1966 dan Jaguar tipe E tahun 1961.
  • Procol Harum’s A Whiter Shade of Pale is a classic work of art. – Lagu A Whiter Shade of Pale dari Procol Harum adalah sebuah karya seni klasik.

Selain itu, kata ini juga dipakai untuk menggambarkan sebuah peristiwa lama – biasanya peristiwa yang tak begitu menyenangkan – yang begitu diingat banyak orang. Tetapi, kata classic dengan pengertian ini bernuansa informal dan tak baku, dan oleh karena itu digunakan dalam percakapan-percakapan keseharian yang tidak formal.

CLASSICAL

Kata ini paling sering digunakan untuk merujuk pada komposisi musik untuk orkes simponi atau ensembel musik kamar (chamber music) dalam tradisi Eropa yang berasal dari era sekitar akhir abad 18 dan awal abad 19, yang biasa kita sebut sebagai musik klasik (classical music), terutama ketika dibandingkan dengan musik-musik aliran lain seperti jazz atau pop.

Kata ini juga digunakan ketika sobat berbicara tentang hal-hal yang terkait dengan Yunani atau Romawi kuno, termasuk seni, musik, filsafat, tulisan, peradaban, dan lain-lain.

  • He has an interest in the study of the classical Roman music and arts. – Dia mempunyai minat terhadap studi/penelitian tentang musik dan seni klasik Romawi.
  • Do you like classical music? – Apakah kamu suka musik klasik?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *